Nyeri betis

Selamat malam, Dok. Belakangan ini saya khawatir dengan kaki saya, saat malam sering merasakan nyeri pada betis. Nyeri ini biasanya datang saat saya hendak tidur, dan beberapa kali nyerinya sangat terasa hingga ke persendian lutut. Biasanya nyeri datang setelah saya beraktifitas seharian, bahkan meskipun saya tidak beraktifitas cukup berat saya tetap merasakan nyeri dimalam hari. Dan saya jg cukup sering merasakan pegal2 dipersendian tp hanya disebelah kiri badan saya. Apa menggunakan AC menjadi salah satu faktornya ya dok? Apa saya harus memeriksakan ke rumah sakit? Saya khawatir ada yg salah dengan badan saya.

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun29 Jul 2018, 11:10 WIB

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Nyeri betis bisa dikarenakan gangguan otot, tulang, pembuluh darah atau persarafan. Sayang sekali informasi yang anda berikan sangat terbatas. Bagaimana karakteristik nyerinya? Kapan timbul nyerinya, apakah hanya setiap malam saja? Apakah Anda habis melakukan aktivitas tertentu? Apakah ada demam? Apakah terasa panas di daerah betis atau ada nyeri tekan pada betis? Apakah ada riwayat trauma/ terjatuh daerah betis? Apakah nyeri juga dirasakan di daerah paha?

Satu penyebab khusus nyeri betis yang bisa menjadi perhatian khusus adalah karena gangguan darah berupa hiperkoagulasi (kecenderungan untuk menggumpal) sehingga bekuan darah menyumbat pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pembuluh balik di kaki (disebut pembuluh vena/ Penyakit insufisiensi vena kronik). Nyeri pada keadaaan ini umumnya terjadi setelah beraktivitas. Salah satu cara mendeteksi gangguan ini adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter dan dilakukan USG doppler.

Namun perlu juga dibedakan antara nyeri betis dengan kram betis. Karena kram umumnya dapat disebabkan jika udara terlalu dingin (suhu pada malam hari, ditambah dengan penggunaan penyejuk udara), dan kurang kalsium.

Tentu hal ini hanya merupakan salah satu penyebab, karena masih banyak penyebab lain yang memerlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. 

Cobalah untuk berolahraga minimal 3x/minggu, masing-masing sesi dilakukan minimal 30 menit. Nyeri sendi dapat dikurangi dengan mengkonsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, natrium diklofenak, aspirin. Namun obat tersebut tidak boleh digunakan sembarangan dan berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Nyeri pada Betis

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

Pertanyaan Seputar Nyeri pada Betis

Dijawab oleh:dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

Nyeri Betis di Malam Hari

Dijawab oleh:dr. Ellen Theodora

Nyeri Betis

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Nyeri Pada Betis

Dijawab oleh:dr. Ellen Theodora

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk