Tidak Mual Muntah Pada Kehamilan

Info Penanya, wanita 30 Tahun

Siang dok,saya Mery umur 30 thn. Saat ini sdg hamil 3 Minggu,ini kehamilan ke 4 kehamilan ke 3 saya keguguran. Dok,di kehamilan sebelumnya saya mengalami mual muntah cukup parah,tp kehamilan sekarang saya tdk merasakan mual muntah cm sdkit pusing sj. Apa itu normal dok? Dan saya mempunyai alergi,lbh sering bersin2 dok,apa itu mempengaruhi kandungan saya dok. Mohon penjelasannya dik,terima kasih....šŸ™šŸ™

29 Jul 2018, 22:22 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Meski mual dan muntah dianggap pertanda baik, tapi bukan berarti jika kehamilan wanita yang tidak mengalami mual dan muntah tidak sehat. Sebaiknya ibu hamil jangan terlalu khawatir dan melakukan analisis yang berlebihan terhadap keluhan yang muncul selama kehamilan.

Faktanya, 30 persen wanita hamil dilaporkan tidak mengalamiĀ morning sicknessā€”dan ini seharusnya disyukuri. Pada wanita hamil yang tidak mengalamiĀ morning sickness, kadar hormon hCG, estrogen, dan progesteron mungkin lebih rendah sehingga tidak merasakan mual dan muntah.

Memang ada yang menganggap jika hormon-hormon tersebut lebih rendah, maka bisa membuat ibu hamil lebih berisiko keguguran. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk semua kasus. Kebanyakan, ibu hamil tidak mengalamiĀ morning sicknessĀ karena mereka bisa menoleransi perubahan hormon yang signifikan pada kehamilannya.

Fluktuasi keluhan saat kehamilan wajar terjadi dan tiap wanita mengalami keluhan yang bervariasi. Bahkan, pada satu wanita dengan kehamilan yang berbeda, keluhan yang dirasakan juga dapat berbeda dari kehamilan satu dan lainnya.

Jika tidak ada keluhan, seperti tidak mengalamiĀ mual dan muntah selama hamil, bukan berarti kehamilan tersebut tidak normal karena mual dan muntah bukanlah indikator utama kehamilan yang sehat. Untuk benar-benar mengetahui kondisi kehamilan, periksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan secara rutin.

Saat hamil, terjadi penurunan daya tahan tubuh, sehingga pada beberapa keadaan memungkinkan seseorang baru mengalami alergi saat sedang hamil. Tapi bila keluhan alergi anda rasa cukup mengganggu maka tidak ada salahnya anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pengobatan yang lebih optimal.

Yang penting adalahĀ Anda tetap harus menjaga kesehatan diri Anda. Ibu hamil harus mendapatkan nutrisi yang cukup untuk perkembangan janinnya, jadi mengkonsumsi makanan dan susu yang memberikan nutrisi yang baik bagi Anda dan janin Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.Ā 

Salam,

29 Jul 2018, 22:22 WIB