Hubungan Sakit Mata Dengan Gigi Berlubang

Info Penanya, pria 35 Tahun

Selamat pagi dok. Saya mau tanya, saya terkena sakit mata, dan disuruh sama dokternya untuk mengecekkan gigi saya. Gigi saya memang berlubang sebelah kiri atas bagian paling ujung dalam. Apakah memang ada hubungannya dengan gigi berlubang saya dok, sehingga mata saya merah?. Perlu diketahui minggu kemarin sudah baikan tidak merah lagi, sekarang mata merah lagi. Terima kasih dok.

30 Jul 2018, 11:10 WIB
drg. Wiena Manggala Putri
dijawab oleh: drg. Wiena Manggala Putri

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pada prinsipnya kita harus mempertahankan gigi selama mungkin di dalam mulut. Gigi yang rusak parah dan berlubang besarpun tidak perlu buru-buru dicabut karena masih bisa dipertahankan dengan melakukan serangkaian perawatan.

Sebelum melakukan perawatan pada gigi yang berlubang parah, tentunya dokter gigi akan memastikan apakah gigi tersebut masih bisa ditambal atau tidak. Semakin lama gigi rusak dibiarkan, maka perjalanan karies gigi akan terus berjalan sehingga menembus lapisan dentin pada tahap ini gigi masih dapat ditambal. Jika pada tahap ini karies gigi dibiarkan maka akan masuk ke dalam ruang pulpa yang berisi saraf gigi. Jika gigi bolong sudah menembus ke dalam ruang pulpa, maka rasa sakit akan semakin hebat, atau seperti yang sering dikatakan sakit spontan, cekot-cekot, mengganggu tidur malam. Pada tahap ini gigi sudah tidak bisa ditambal lagi, sehingga harus dilakukan perawatan saluran akar untuk bisa mempertahankan gigi tersebut. Bila karies gigi yang sudah mencapai ruang pulpa ini dibiarkan maka gigi lama kelamaan akan keropos dan mati. Pada tahap ini gigi sudah tidak dapat dipertahankan sehingga harus dicabut. 

Gigi yang berlubang mengandung kuman. Jika lubang sudah masuk ke bagian saraf gigi biasanya akan mudah masuk ke aliran darah tubuh dan bisa bersarang di organ manapun.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

30 Jul 2018, 11:10 WIB