Anak Sakit Perut Pagi Hari

Halo dok, Sya mempunyai anak laki-laki usia 6 tahun, beberapa hari ini mengeluh sakit perut tapi sakit perut hanya berulang sekitar mulai jam 2-3 pagi hingga subuh, perut tidak kembung, BAK dan BAB normal saja, makan doyan, dan kalau pagi hingga siang beraktifitas aktif seperti biasa.. Kira2 kenapa ya dok??? Mohon solusi dok.. Terimakasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 32 Tahun31 Jul 2018, 10:23 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Bagian perut mana yang dirasakan nyeri? Apakah di bagian ulu hati?

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri ulu hati. Nyeri ulu hati saat bangun tidur bisa saja keluhan Anda berkaitan dengan organ lambung. Sakit maag dalam dunia medis disebut juga dengan dispepsia. Dispepsia dapat terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung karena bakter H. pylori. 

Perubahan pola hidup berperan penting dalam penyembuhan penyakit ini. Jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, makanan mengandung keju, coklat, makanan berlemak, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. 

Ini hanya dugaan sementara saja, untuk dapat memastikan penyebab dari keluhan anak Anda, kami sarankan anak Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis Anak agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan tentunya bisa mendapatkan terapi yang optimal. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Perut Begah dan Mual

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Sering Mual Setelah Makan

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Perut Tidak Nyaman Saat Minum Minuman Manis

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Sering Sendawa

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Perut Kembung

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk