Kemandulan Akibat Kecelakaan Pada Penis

Ohh iya dok saya mau nanya. Saya pernah beberapa kali mengalami kecelakaan. Dan kebetulan setiap kecelakaan selalu terjadi di area penis. Bahkan hingga bengkak dan tak mempu berjala n. Apa itu dapat menyebabkan kemandulan..?? Terimakasih

Lihat Selengkapnya
pria, 21 Tahun01 Agt 2018, 08:17 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab kemandulan pada pria menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum kami dapat menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami menanyakan beberapa mengenai keluhan Anda. Apakah terjadi gangguan fungsi buang air kecil atau ereksi setelah kecelakaan? apakah ada gangguan fungsi pada organ yang bersangkutan. Apakah terjadi patah atau fraktur pada penis?

Kemandulan atau Infertilitas pada Pria dapat disebabkan oleh berbagai hal:

1. Kualitas sperma yang buruk (kualitas sperma menentukan terjadinya kehamilan. Hal ini menyangkut bentuk dan gerakan sperma yang tidak sempurna.)

2. Kelainan genetik

3. Gangguan hormon (Hormon testosteron yang terganggu dapat menghambat produksi sperma)

4. Impotensi (Penyebab lainnya infertilitas pada pria yang mengakibatkan wanita sulit hamil yaitu impotensi. Jika aliran darah ke penis tidak normal maka penis tidak akan berdiri dan berejakulasi.)

5. Saluran sperma tersumbat dan varikokel

Pengobatan yang dilakukan

Pemilihan pengobatan untuk infertilitas umumnya berdasarkan pada berapa lama terjadinya infertilitas, penyebab infertilitas dan faktor usia.

Untuk pria, bila penyebab infertilitasnya adalah gangguan seksual seperti impotensi atau ejakulasi dini bisa diatasi dengan pemberian obat atau perubahan perilaku. Bila penyebabnya adalah produksi sperma yang kurang, biasanya dilakukan tindakan pembedahan, pemberian obat hormon reproduksi, atau dengan bantuan teknologi reproduksi (assisted reproductive technology/ART).

Bila penyebab infertilitas sudah cukup parah dan tidak bisa diatasi dengan pemberian obat ataupun pembedahan, maka tindakan yang diambil adalah dengan ART seperti in vitro fertilization (IVF), meningkatkan ejakulasi dengan stimulasi elektrik atau vibrator, aspirasi sperma dengan pembedahan, intracytoplasmic sperm injection (ICSI), danassisted hatching.

Pencegahan yang dapat dilakukan

Untuk pria:

1. Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan

2. Jangan terlalu sering berendam air panas atau bersauna (suhu tinggi bisa mempengaruhi produksi dan gerakan sperma, meski bersifat sementara)

Sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter terdekat atau dokter spesialis bedah urologi untuk dilakukan pemeriksaan yang lengkap dan terapi yang tepat.

Demikian informasi tentang penyebab kemandulan pada pria yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Keluar Cairan Kental Campur Darah Dari Penis

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Penis Berwarna Biru

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Lecet Pada Penis

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Cara Memperbesar Penis

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Ujung Dari Kulit Dari Penis Tidak Bisa Terbuka

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk