pikiran kacau

Info Penanya, pria 45 Tahun

ada kebecusan dalam hidupku,ditandai dengan kebohongan melakukan pekerjaan sebagai penyluh pertanian sering buat laporan yg tdk benar,membuat saya takut akan dosa,mau keluar rasanya sebagai penyuluh namun sdh terlanjur apalagi sdh ambil kredit sampai pensiun membuat pikiran kacau saya punya 4 anak masih sekolah ,saya takut akan tdk bisa membiayainya kelak kejenjang lebi tinggi..saya stres, ibadah tdk khusu,sering pikirang kemana-mana,saya merasa kelainan jiwa..tolong dokter

04 Aug 2018, 09:22 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Rasa cemas merupakan perasaan yang wajar dialami oleh setiap orang. Namun apabila rasa cemas tersebut berlebihan, berlarut larut, mengganggu aktifitas sehari hari, dan mengkhawatirkan hal yang tidak perlu dikhawatirkan, maka bisa disebut gangguan cemas. 

Gangguan cemas terdiri dari beberapa spektrum penyakit, yaitu seperti Generalized anxiety disorder *gangguan cemas menyeluruh, gangguan panik dan serangan panik, phobia, dll . 

Namun untuk membedakan apakah yang anda alami merupakan suatu gangguan atau tidak, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri agar anda dapat menceritakan masalah yang anda hadapi. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

 

04 Aug 2018, 09:22 WIB