Penis Dan Testis Tidak Berkembang

selamat siang dok... saya sudah berumur 22 tinggi badan 168 cm dan berat badan 53kg. saya memiliki masalah dibagian penis dan testis. Penis dan testis saya tidak berkembang seperti pada orang dewasa umumnya. Penis dan testis saya tetap seperti pada saat saya berumur 10 tahun. dan jika saya masturbasi cairan yg keluar tidak kental dan sedikit. Saya orangnya kurus do. Pergelangan tangan dan kaki saya kecil dok dan wajah masih seperti anak2. Puting susu saya juga tidak membesar seperti laki2 dewasa pada umumnya, puting susu saya masih tetap seperti anak2. Tetapi bulu di kaki, kemaluan dan ketiak saya lebat dok Dulu memang pada saat saya umur 6 -18 tahun saya hampir tiap hari masturbasi. jangan heran dokk kalo saya masturbasi pada umur 6 tahun. saya juga bingung kenapa saya masturbasi mulai dari anak2. Apakah penyakit saya dok?? dan masih bisakah diobati

Lihat Selengkapnya
pria, 22 Tahun06 Agt 2018, 05:04 WIB

dr. Andika Widyatama

Dijawab oleh:

dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Penis Dan Testis Tidak Berkembang.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kecilnya ukuran penis pada seorang pria. Diantaranya adalah faktor ras, faktor genetika, faktor obesitas dan yang terakhir adalah faktor gangguan hormon.

Sebuah LSM di Amerika Serikat pada tahun 2000 menyebutkan, bahwasanya rata-rata ukuran penis pria dewasa di Singapura menunjukkan ukuran panjang penis sekitar 8cm pada saat tidak ereksi. Ukuran bertambah menjadi sekitar 12cm-14cm dengan diameter kisaran 3,2cm ketika ereksi.

Kevan R. Wylie, urolog dari Royal Hallemshire Hospital di Leeds Inggris pernah mengkaji mengenai rata-rata ukuran penis yang dimiliki oleh warga Inggris yang mayoritas terdiri dari ras kaukasia. Riset menunjukkan bahwa terdapat hasil konsisten dari rata-rata ukuran penis.

Rata-rata panjang penis pria Inggris yang sedang ereksi misalnya antara 14cm hingga 16cm dengan diameter 4,8cm. Sementara itu, dalam riset yang dilakukannya terdapat persentase kecil pria yang memiliki kondisi micropenis, menurut kalkulasi Wylie, penis yang benar-benar kecil ukurannya kurang dari 7cm ketika sedang ereksi.

Rata-rata ukuran penis orang berkulit hitam, lebih besar sekitar 1,5 sampai 3 cm dibanding ras kulit putih (kaukasia). Sedangkan penis laki-laki Asia, lebih kecil sekitar 1,5 sampai 3 cm dari ras kulit putih. Ukuran testis masing-masing ras ini tentu saja berbeda sebanding dengan ukuran penisnya. Tapi perbedaan ini bukanlah tanpa sebab. Karena ternyata perbandingan ukuran vagina wanita Asia juga lebih kecil ketimbang ras lainnya.

Disamping itu, kondisi tubuh obesitas juga merupakan faktor penyebab kondisi micropenis pada pria. Timbunan lapisan lemak di area pinggang dan paha yang berlebihan mengkondisikan penis kian ‘tenggelam’.

Faktor gangguan hormon juga menjadi faktor penyebab kondisi micropenis pada pria. Banyak organ yang menyuplai hormon kepada tubuh yang memengaruhi ukuran penis pada pria pada masa perkembangan dan pertumbuhan manusia. Jika salah satu hormon mengalami gangguan, maka sedikit banyak akan membawa pengaruhi hasil ukuran penis pada masa dewasa.

Untuk memastikan kondisi ini, ada baiknya Anda memeriksakan diri langsung kepada dokter terdekat. Dan bila dirasa berat, dokter dapat merujuk Anda pada spesialisasi terkait.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Penis Dan Testis Tidak Berkembang. Semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Keluar Cairan Kehijauan dari Penis

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Penis Digigit Serangga

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Kemandulan Akibat Kecelakaan Pada Penis

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Keluar Cairan Kental Campur Darah Dari Penis

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Penis Berwarna Biru

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk