Haid Tidak Teratur

Malam dok, saya mau bertanya saya itu sudah beberapa bulan tidak haid, itu gimana ya dok solusinya? Dan sekali saya haid, haidnya bisa sampai 2 minggu?

Lihat Selengkapnya
wanita, 16 Tahun07 Agt 2018, 09:39 WIB

dr. Atika

Dijawab oleh:

dr. Atika

Terima kasih karena Anda telah bertanya tentang haid tidak teratur menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang siklus haid yang normal. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bila siklus haid tidak teratur, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab dari siklus haid Anda yang tidak teratur. Kemudian sesuai menurut Anda, haid terjadi selama 2 minggu dapat memberikan risiko terjadinya anemia pada Anda.

Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamaPasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30Malnutrisi (kurang gizi)Stres psikologisAtletKekurangan vitamin KPenggunaan obat-obatan tertentuKelainan pembekuan darahGangguan hormon tiroidDan lain sebagainyaSelain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan (Sp.OG) agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diketahui penyebab keluhan anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan tentnag haid tidak teratur. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Penyebab Haid Tidak Teratur

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Haid 2 Kali Dalam Sebulan

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Haid 2 Kali Dalam Sebulan

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Haid Tidak teratur dan Keputihan

Dijawab oleh:dr. Atika

Haid Setelah Hubungan Intim, Mungkinkah Hamil?

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk