Tangan Sering Gemetar

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Halo dokter, saya remaja umur 17 tahun tapi tangan kiri saya sudah bergetar kecil. Saya masih bisa melakukan aktifitas pada umumnya. Tetapi seandainy saya mengangkat sendok dengan tangan kiri saya, sendok saya bergetar. Saya dulu adalah anak kidal. Karena dipaksa untuk menulis tangan kanan akhirnya saya bisa. Sampai saya tidak prnah menulis tangan kiri lagi. Sampai suatu saat saya mmcoba lagi menulis dengan tangan kiri, dan sejak itu saya merasa tangan kiri saya agak sulit diatur. Dan saya merasa setelah itu tangan saya bergetar. Apakah memang ada hubungannya atau ada alasan lain? Saya merasa semakin lama getarannya semakin menjadi2. Solusinya apa ya dok? Makasih sebelumnya

07 Aug 2018, 12:47 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih telah bertanya tentang tangan gemetar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tangan gemetar disebut dengan tremor. Perlu diketahui terlebih dulu sejak kapan Anda mengalami tremor ringan pada kedua tangan tersebut. Mengingat usia Anda yang tergolong muda, tremor dapat disebabkan oleh penyakit yang serius maupun hal yang tidak serius.

Tremor pada tangan yang terjadi sesekali masih dapat dianggap normal, sedangkan bila timbulnya sering dan tiba-tiba, kemungkinan ada penyakit serius yang mendasarinya. Karena itu, perlu pemeriksaan dengan dokter anak sesegera mungkin.

Kondisi yang dapat menyebabkan tremor antara lain:

  • Essential tremor, yaitu tremor yang dimulai dari tangan kemudian menyebar ke lengan, kepala, suara, maupun bagian tubuh lainnya. Ciri khas tremor ini adalah tremor terjadi ketika tangan sudah bergerak. Umumnya tremor terjadi ketika Anda sedang diam. Salah satu penyebabnya adalah perubahan pada gen (mutasi), ini artinya dapat diturunkan. Bila Anda mengalami tremor jenis ini, salah satu dari orangtua Anda pun mengalaminya juga. Selain itu, faktor usia juga mempengaruhi. Tremor jenis ini umumnya terjadi pada usia 40 tahun ke atas.
  • Penyakit Parkinson dan Sklerosis Multipel
  • Sindrom putus zat dari alkohol. Pada orang yang kecanduan alkohol, ketika berhenti mengkonsumsinya secara tiba-tiba, akan muncul tremor pada tangan. Kondisi ini dapat berlangsung berbulan-bulan hingga bertahun-tahun pada pecandu berat.
  • Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan tremor. Sumber vitamin B12 adalah daging merah, ikan, ayam, telur, dan produk susu (dairy).
  • Stress. Stress, depresi, dan kecemasan umum terjadi pada remaja dan ini dapat membuat tremor semakin memburuk. Kemarahan yang berlebihan, kelaparan, maupuan kurang tidur juga dapat membuat tremor. Kesemua ini disebut dengan tremor fisiologis (normal).
  • Gula darah rendah/hipoglikemia. Secara normal, kondisi hipoglikemia akan membuat tubuh Anda berespon dalam bentuk tremor.
  • Kelenjar tiroid yang bekerja berlebihan. Kelenjar yang terletak pada leher Anda ini (di depan jakun Anda) dapat membuat tremor bila memproduksi hormon tiroksin secara berlebihan. Selain tremor, umumnya Anda akan sulit tidur dan jantung berdegup cepat sekalipun sedang istirahat.
  • Kerusakan saraf akibat cedera/trauma maupun penyakit juga dapat menyebabkan tremor.

Dengan begitu banyaknya penyebab tremor, bila kondisi ini mengganggu Anda dan sudah berlangsung lama, sebaiknya segera periksakan kepada dokter saraf. Dokter memerlukan wawancara yang mendalam serta pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menentukan penyebab sesungguhnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tangan gemetar. Semoga bermanfaat.

07 Aug 2018, 12:47 WIB