Cacar Air Saat Hamil

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dok, saya terkena cacar air saat usia kandungan menginjak usia 19 minggu, apa ini akan berpengaruh serius pada janin saya apa tidak ya dok? Kemudian apa yg harus saya lakukan sekarang?

07 Aug 2018, 13:47 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya mengenai cacar air saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Infeksi cacar air selama kehamilan memang merupakan penyakit yang sering dikhawatirkan oleh ibu hamil karena ditakutkan akan mempengaruhi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Di antara keluhan yang mungkin ditemukan, dampak infeksi cacar air yang paling serius terhadap ibu hamil adalah pneumonitis varicella (radang paru-paru) pada 10-20% kasus dengan angka kematian mencapai 40%. Sedangkan pada janin dapat terjadi suatu kelainan yang disebut congenital varicella syndrome (CVS), yaitu suatu kumpulan kelainan dari beberapa organ tubuh seperti ukuran kepala dan anggota gerak tubuh, mata, dsb. Akan tetapi risiko terjadinya CVS adalah kecil, yaitu sebesar 0,4% pada usia kehamilan < 12 minggu, meningkat menjadi 2% pada usia kehamilan 13-20 minggu, dan menurun menjadi 1% pada usia kehamilan > 20 minggu.

Apa yang harus dilakukan?

Cacar air umumnya dapat sembuh sendiri namun bersifat sangat menular (melalui udara) hingga ± 7 hari sejak timbulnya gejala kulit. Terutama pada kondisi di mana daya tahan tubuh seseorang sedang menurun, seperti selama kehamilan. Untuk itu, penuhilah kebutuhan nutrisi Anda dan janin saat ini dengan baik, istirahat yang cukup, dan janganlah merasa segan untuk mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Dengan demikian, dokter dapat melakukan monitor dan terapi secara optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

07 Aug 2018, 13:47 WIB