Flek Coklat

Info Penanya, pria 34 Tahun

Selamat Sore Dok. Perkenalkan nama saya Mistiseorang ibu dg 2 anak, usia 34 tahun lebih. Haid terakhir saya sebelumnya tgl 5-11 Juli (siklus sebelumnya 23 dan 25 hari). Pada tanggal 27 Juli kemarin saya mengalami flek berwarna coklat muda & juga pink. Tgl 2-5 Agustus saya mengeluarkan lendir berwarna coklat kehitaman yg keluarnya tdk banyak, hanya keluar saat BAK & jarang nempel di CD. Tetapi di tgl 5 agustus kmrn ada keluar flek agak banyak di CD sekitar 7 cm. Itu tanda apa ya dok? Saya menggunakan pil KB mulai 5 Juli krn ingin siklus mens agak panjang jd 28 hari dan sebelumnya tidak menggunakan KB apapun (Okt 2017-Juni 2018) dg siklus haid 23 hari. Mohon informasinya dok. Atas perhatian dan jawaban dari dokter, saya ucapkan terima kasih banyak.

08 Aug 2018, 17:52 WIB
dr. Nadia Octavia
dijawab oleh: dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Flek coklat melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Apakah yang Anda maksud adalah flek coklat? Apakah flek tersebut muncul pada saat siklus haid? Sebab flek coklat juga bisa menandakan darah haid. Darah haid yang berwarna kecoklatan dan kehitaman merupakan darah haid yang mengandung sel darah yang lebih lama (bukan sel darah merah segar) karena tertahan di dalam rahim dan tidak segera dikeluarkan. Bila tidak ada keluhan lain (siklus haid memanjang, nyeri perut/ pinggang hebat, dll) maka Anda tidak perlu khawatir. Sebaliknya, bila terdapat keluhan lain yang menyertainya maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis Kandungan.

Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-8 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai siklus haid yang terkadang suka terlambat atau lebih cepat 3-7 hari karena lamanya siklus haid memang dapat berbeda-beda dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormon di dalam tubuh.

Penyebab lain flek coklat misalnya sebagai berikut:

1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan), sudahkah Anda memeriksakan kehamilan?

2. Penggunaan kontrasepsi oral

3. Ketidakseimbangan hormon

4. Infeksi pada alat kelamin

5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah)

6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)

7. Kanker serviks

8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)

9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)

10. Hiperplasia endometrial

11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)

Apakah flek coklat ini rutin terjadi? flek-flek coklat yang terjadi juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual. Untuk itu, kami sarankan agar dilakukan pemantauan dan jika terjadi lagi, sebaiknya pasangan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang flek coklat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

08 Aug 2018, 17:52 WIB