Laboratorium Darah Pasca Operasi

Info Penanya, wanita 31 Tahun

Malam dok Sekitar 2 bulan yg lalu sy menjalani operasi kantung empedu, saat itu leukosit saya mencapai 17. 000 Setelah operasi sy merasa lemah lesu dan tidak bertenaga serta gampang pingsan,, sy pikir itu proses dr penyembuhan pasca operasi Tapi seminggu yg lalu sy pingsan lagi dan mengalami mual munyah serta pusing.. Sy sdh berobat ke dokter tp tak kunjung ada perubahan,, hari ke 5 sy tidak dapat asupan makanan hingga akhirnya di rawat di rumah sakit... Hari pertama d rawat sy menjalani serangkaian tes, salah satunya tes lab,, hasilnya leukosit sy 18.700 dan yg lainnya dalam batas normal... 3 hr kemudian sy cek darah lagi,, hasilnya leukosit saya mengalami kenaikan menjadi 25.800 dan trombositnya juga ikut naik dari 382.000 menjadi 502.000 Yg ingin sy tanyakan 1. apakah berbahaya jika hasil lab sy mengalami kenaikan yg cukup drastis 2. Kira kira sy sakit apa 3. Bagaimana caranya supaya leukosit dan trombosit sy kembali normal... Terima kasih

13 Aug 2018, 20:17 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Laboratorium Darah Pasca Operasi.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Peningkatan leukosit pasca operasi merupakan hal yang wajar. Hal ini dikarenakan saat operasi tubuh bisa terpapar oleh kuman, baik dari lingkungan, dari jaringan tubuh sendiri (darah, cairan lain) dan alat yang digunakan yang kurang steril. Akan normal kembali 2-5 hari setelah operasi dengan pemberian antibiotik. Dan hal ini harus dilakukan dalam pengawasan dokter selama observasi kondisi pasca operasi.

Harus diperhatikan apabila terjadi peningkatan leukosit yang terlalu tinggi dan ditambah kondisi pasien seperti demam dan yang lainnya. Peningkatan yang terlalu tinggi bisa menunjukkan proses infeksi yang sedang berlamgsung. Harus dilakukan pengobatan dengan pemberian antibiotik.

Sedangkan trombosit tinggi dapat ditimbulkan oleh anemia, keganasan, peradangan, infeksi, atau pasca operasi.

Terkait kondisi Anda, konsultasikan lah kembali dengan dokter yang menangani Anda karena beliau yang lebih mengerti keadaan tubuh Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Laboratorium Darah Pasca Operasi. Semoga bermanfaat.

Salam,

13 Aug 2018, 20:17 WIB