Hubungan Seksual Saat Haid, Bisakah Hamil?

Info Penanya, wanita 26 Tahun

saya ingin bertanya, saat ini saya sedang haid hari ke 2 dan melakukan hubungan seks setelah itu sperma pria keluar di dalam, apakah bisa menyebabkan kehamilan?

14 Aug 2018, 10:52 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya seputar seks saat haid, bisa hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Seks saat menstruasi pada dasarnya tidak berbahaya dan boleh dilakukan. Namun, selama menstruasi dianjurkan untuk tidak berhubungan. Mengapa? Pertama, dikarenakan darah yang sedang keluar tidaklah steril dan mengandung kuman yang dapat saja menyebabkan infeksi pada kedua pihak, selain itu juga alasan kenyamanan. Gejala penyakit daerah kelamin meliputi nyeri kencing, demam dan sulit menahan kencing. Ingatlah juga untuk selalu menggunakan kondom, agar pasangan Anda lebih terlindungi dari resiko resiko infeksi.

Selain itu, apakah masih mungkin hamil? Ternyata masih bisa, walaupun kecil kemungkinan terjadi kehamilan akibat hubungan seksual saat menstruasi. Namun perlu diketahui bahwa hubungan seksual saat menstruasi bisa saja berisiko terjadi kehamilan pada individu dengan siklus haid yang tidak teratur.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai seks saat haid, bisa hamil. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

14 Aug 2018, 10:52 WIB