Suplemen Vitamin Saat Ibu Hamil

Info Penanya, wanita 25 Tahun

selamat siang dok, saya ana umur 25 thn n baru hamil usia 5week, setelah periksa dokter kandungan sya dikasih vitamin, krn sya tipe yg susah minum obat jadinya tiap kali minum vitamin sya selalu mual bhkan pernah muntah..pertanyaan nya boleh kah sya tidak minum vitamin trsbt?? karna memang sya nggak bisa minum obat, hasilnya bikin saya mual n lemas..thanks

17 Aug 2018, 11:39 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Suplemen Vitamin Saat Ibu Hamil  melalui fitur Tanya Dokter

Pemberian suplemen ibu hamil dan susu ibu hami adalah untuk membantu kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan ibu dan perkembangan janin.

Pada prinsipnya adalah Anda perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Cara terbaik adalah dengan makan makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), sayur-sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, Anda perlu juga mengkonsumsi suplemen ibu hamil. Suplemen yang diperlukan dapat diperoleh dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil.

Untuk trimester pertama, Anda perlu asupan asam folat yang cukup untuk perkembangan syaraf janin.Untuk trimester kedua dan ketiga, Anda perlu asupan Calcium dan Ferrum (besi) yang cukup.Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi suplemen makanan, biasanya dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil.Vitamin jenis apa yang Anda dapatkan dari dokter? Untuk membantu meredakan mual saat minum vitamin, Anda dapat mengkonsumsi vitamin B6 dan makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi vitamin tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Suplemen Vitamin Saat Ibu Hamil . Semoga bermanfaat.

17 Aug 2018, 11:39 WIB