Gangguan Cemas

Info Penanya, pria 25 Tahun

Dokter saya di diagnosis punya penyakit gangguan cemas dan dispepsia. Kedua nya gangguan cemas dan dispepsia saya rasakan sangat berat. Saya bingung untuk mengobati nya yang Mana yang harus di obati terlebih dulu, atau yang mana di antara gangguan cemas dan dispepsia yang harus di obati terlebih dulu? Terimakasih

17 Aug 2018, 11:39 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Gangguan Cemas melalui fitur Tanya Dokter

Sangat mungkin dispepsia yang Anda alami disebabkan oleh stress akibat perasaan cemas yang terus menerus. Saran saya ada baiknya Anda mengatasi gangguan cemas terlebih dahulu sambil tetap menjaga pola makan dan istirahat agar terhinar dari serangan dispepsia.

Perasaan tidak tenteram karena khawatir, pesimis atau takut disebut sebagai kecemasan. Bila kecemasan berlarut-larut dan terus dirasakan, bahkan setelah tidak ada lagi yang perlu dicemaskan, hal itu bisa menjadi gangguan. Gangguan kecemasan sendiri dapat menjadi awal suatu kondisi yang serius apabila rasa khawatir dan takut timbul secara konstan.

Berikut adalah gejala-gejala umum Gangguan Kecemasan yang perlu Anda ketahui :

Perasaan panik, takut, dan gelisah Susah tidur Tangan dan / atau kaki dingin atau berkeringat Sesak napas Jantung berdebar-debar Ketidakmampuan untuk diam dan tenang Mulut kering Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki Mual Otot tegang Pusing

Sudahkah Anda terbuka dengan keluarga mengenai kecemasan yang Anda alami? Karena dukungan keluarga dan sahabat sangatlah penting untuk mengatasi hal ini. Jika Anda merasa kecemasan tersebut sudah mengganggu kualitas hidup Anda kami sarankan Anda mengunjungi Dokter Spesialis Psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda. Gangguan cemas yang berat akan memerlukan behavioral therapy dan obat-obatan anxiolitik (anti cemas), namun obat tersebut hanya dapat diberikan jika diagnosis cemas sudah ditegakkan.

Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat seranganIngatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahayaCobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebutCarilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasanAnda perlu bersabar mengatasi masalah ini karena memang memerlukan waktu yang cukup lama. Jangan mudah putus asa.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Gangguan Cemas. Semoga bermanfaat.

17 Aug 2018, 11:39 WIB