Menstruasi Tidak Teratur dan Nyeri Payudara

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Dok mau tanya dong. saya single parents punya anak satu. Blakangan saya sering merasa sakit di payudara kiri saya, nyeri yg datang tiba tiba dan itu hanya sesekali. Untuk bulan ini saya menstruasi di tanggal 6 sampai 10 agustus, setiap hari pertama menstruasi saya merasakan sakit yg luar biasa sering disebut sengugut utk para perempuan dok. Trus tanggal 18 agustus saya menstruasi kembali dok tanpa ada rasa senggugut seperti biasanya. Tapi menstruasi saya coklat pekat dok. Saya baik baik aja atau ada masalah ya dok dengan menstruasi seperti tadi?

19 Aug 2018, 15:58 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar menstruasi dan payudara sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kapan haid pertama Anda? Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 3-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Biasanya siklus haid bisa belum normal pada beberapa lama setelah haid mulai. Menstruasi tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Haid tidak teratur disebabkan oleh banyak hal. Secara umum, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang mengganggu pola normal haid Anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

  • Tahun-tahun pertama menstruasi
  • Menggunakan KB spiral (IUD)
  • Menggunakan pil KB atau obat-obatan tertentu
  • Olahraga yang berlebihan
  • Memiliki kondisi sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Sedang hamil atau menyusui
  • Stress psikologis
  • Gangguan hormon tiroid (Hipertiroid)
  • Penebalan dinding rahim atau polip dalam rahim
  • Berat badan terlalu berlebih atau terlalu kurus

Sedangkan nyeri payudara yang anda alami merupakan hal yang wajar terjadi ketika sedang menstruasi. Apabila terdapat kemerahan dan demam, bisa sja nyeri yang dialami disebabkan oleh infeksi. Untuk mengatasi nyeri, anda bisa konsumsi obat parasetamol untuk mengurangi nyeri.

Untuk tatalaksana awal, cobalah beberapa tips dibawah:

1. Hindari Aktivitas Fisik yang Berat

Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus menstruasi. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka menstruasi tidak datang tepat pada waktunya. Dan ketika siklus tidak lancar, maka sindrom pra-menstruasi datang mengancam. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan. Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

2. Hindari Stres

Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron. Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

3. Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus menstruasi yang ada.

Gejala nyeri perut bawah dan pinggul setiap haid disebut juga sebagai dismenore. Nyeri dapat terasa sebelum, selama, dan sesudah haid. Dapat bersifat hilang timbul atau terus menerus. Nyeri ini diduga terjadi akibat adanya kontraksi rahim pada saat mengeluarkan darah haid. Sering kali rasa tidak nyaman di perut bawah dan mual disalah artikan sebagai dismenore, oleh karena itu istilah ini hanya digunakan jika terasa nyeri yang demikian hebat, hingga memaksa penderita untuk istirahat dan meninggalkan aktivitasnya untuk beberapa jam hingga beberapa hari.

Dismenore dibagi menjadi 2 berdasarkan penyebabnya;

Dismenore primer. Adalah nyeri haid yang dijumpai tanpa adanya kelainan pada sistem reproduksi yang tampak nyata. Pada tipe ini nyeri terjadi beberapa waktu setelah menarke (menstruasi pertama), biasanya setelah 12 bulan atau lebih. Hal ini dikarenakan pada siklus-siklus mens pada bulan-bulan pertama setelah menarke umumnya belum mengeluarkan sel telur (anovulatoar) yang tidak disertai rasa nyeri. Rasa nyeri timbul tidak lama sebelum atau bersamaan dengan permulaan haid dan berlangsung untuk beberapa jam, walaupun dalam beberapa kasus dapat berlangsung hingga beberapa hari. Sifat rasa nyeri kolik hilang timbul, biasanya terbatas pada perut bawah, tetapi dapat menyebar ke daerah pinggang dan paha. bersamaan dengan rasa nyeri dijumpai juga rasa mual, muntah, sakit kepala, diare, iritabilitas, dan sebagainyaDismenore sekunder. Terjadi akibat adanya gangguan pada sistem reproduksi yang nyata, penyebabnya antara lain;Infeksi. Nyeri terasa sebelum haidTumor. Nyeri bersifat kolik/hebatPenebalan dinding rahim / endometriosis. Nyeri masih ada setelah haid berhentiUntuk keputihan yang Anda keluhkan, sebelumnya harus diketahui dulu apakah keputihan itu. Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah). Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Yang dimaksud fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi pada wanita akibat dari perubahan hormonal ketika menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Keputihan patologis adalah keputihan yang terjadi diakibatkan oleh parasit, jamur, bakteri, dan penyakit lainnya.

Apakah selain keputihan Anda merasakan gejala lainnya, seperti:- rasa gatal pada kemaluan- rasa terbakar pada kemaluan- bau amis atau bau ikan busuk pada keputihan- keputihan yang bergumpal atau berbusa

Apabila memang ada keluhan seperti yang saya sebutkan di atas maka kemungkinan ini adalah keputihan yang patologis. Keputihan yang fisiologis adalah keputihan yang berwarna bening, tidak terlalu banyak, tidak gatal, tidak berbau, dan tidak panas.

Bila keputihan yang Anda rasakan masih bening, dan sesuai dengan kriteria keputihan fisiologis lainnya, maka tidak ada yang perlu dilakukan untuk kondisi Anda.

Anda dapat menjaga kebersihan vagina untuk mencegah terjadinya keputihan yang abnormal, antara lain:

1. Perhatikan Sabun yang Digunakan

Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Lebih baik lakukan pada saat mandi sore hari. Selain karena air hangat menciptakan efek rileks, air hangat juga dapat meredakan nyeri jika sedang menstruasi.

2. Perhatikan Bahan Celana Dalam yang Dikenakan

Kenakan celana dalam katun, jenis tekstil yang terbuat dari serat alami, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan membuat perasaan menjadi lebih segar. Jika sedang mengalami keputihan, gantilah celana dalam 3 kali sehari.

4. Penggantian Pembalut

Jika sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut setiap 4 jam.

5. Perhatikan Teknik Cebok atau Teknik Membersihkan Vagina

Setelah buang air, pastikan arah membersihkan vagina adalah dari depan ke belakang. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kotoran atau virus yang berasal dari saluran pembuangan tidak sampai ke area vagina. Selain itu jangan lupa untuk mengeringkan vagina menggunakan handuk bersih atau tissue.

6. Konsultasikan ke Dokter Terlebih Dahulu Jika Menggunakan Pembersih Vagina

Hindari berbagai produk pembersih, sebab belum dapat dipastikan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Jika sampai terpaksa harus menggunakan pembersih vagina, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan dan kebidanan tentang produk apa yang harus digunakan.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar menstruasi dan payudara sakit , Semoga bermanfaat.

Salam.

19 Aug 2018, 15:58 WIB