Kontraindikasi Vaksin MR

Info Penanya, wanita 34 Tahun

Selamat sore dok, Saya mempunyai anak laki-laki usia 4th 10 blm anak saya autis.di sekolahnya akan di adakan imunisasi mr sebaiknya anak saya di imunisasi atau tidak ya dok..?

20 Aug 2018, 19:33 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Kontraindikasi Vaksin MR.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Vaksin tidak boleh diberikan hanya jika anak mengalami:

-Sedang mengalami demam tinggi atau penyakit serius lainnya (tidak sadar, mengalami kejang, dsb)-Sedang menjalani perawatan di RS-Memiliki riwayat reaksi alergi berat terhadap vaksin MR sebelumnya-Mengalami penyakit yang menurunkan sistem kekebalan tubuh (HIV/AIDS), dalam terapi steroid atau obat-obat yang menekan sistem kekebalan tubuh

Terkait dengan kejang, jika terdapat riwayat personal atau riwayat keluarga dengan kejang (orangtua atau saudara kandung), memang bisa terjadi setelah vaksinasi MR, akan tetapi risikonya sangat kecil.

Hingga kini, belum ada penelitian yang menemukan hubungan antara vaksin MR dengan kejang-kejang. Jikapun ada kejang, biasanya merupakan kejang demam, yang biasanya terjadi pada anak balita.

Sebaiknya, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter yang menangani anak Anda yang benar-benar memahami kondisinya, sebelum melakukan vaksinasi MR.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Kontraindikasi Vaksin MR. Semoga bermanfaat.

Salam,

20 Aug 2018, 19:33 WIB