Masa subur

Info Penanya, wanita 24 Tahun

selamat malam dok . dok saya haid terakhir tanggal 27 Juli .. sedangkang pada tanggal 10 Agustus kami berhuhungan badan dan sperma kaluar di dalam ... apakah pada tanggal itu saya masa subur dan ovulasi, dan apa mungkin ada terjadi kehamilan ?bagimana cara menghitungnya .. terimakasih ...

23 Aug 2018, 08:21 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami tidak dapat menjawab pasti pertanyaan Anda. Masa subur bergantung pada siklus Anda. Apakah siklus Anda teratur setiap bulannya? Berapa hari? Bila tidak teratur berapa jumlah hari terpendek dan terpanjang?  

Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi.

Jika haid Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus Penghitungan Masa Subur:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

23 Aug 2018, 08:21 WIB