Benjolan pada Vagina

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Dok, saya mau bertanya sepertinya saya terkena kutil kelamin tapi sudah tahunan dok dan saya baru sadar kalo itu kutil kelamin karena ada semacam daging yg tumbuh disekitar vagina dan skrg smakin besar dan hampir menutupi lubang vagina dan kencing. Tapi saya ga ada rasa gatal dan pasangan saya juga baik baik saja dok. Apakah ada kutil kelamin yg tidak menular ?

23 Aug 2018, 13:27 WIB
dr. Sara Elise Wijono MRes
dijawab oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  • Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  • Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
  • Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter kulit kelamin untuk tatalaksana selanjutnya.

Baca juga: Kutil Kelamin

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai vagina gatal dan benjolan vagina. Semoga bermanfaat.

23 Aug 2018, 13:27 WIB