Mengatasi Maag

Info Penanya, pria 70 Tahun

Ayah saya beberapa waktu kemarin divonis memiliki sakit jantung. Sebelumnya pernah mengalami gangguan irama jantung disertai tremor. Dokter mengatakan bahwa ada hubungannya dengan tiroid. Setelah beberapa bulan keluar dari RS, lambung yang mengalamo masalah dendan tanda sbb.: . Jika makan tidak dalam keadaan kuah panas akan mual. . Telat makan sedikit mual-mual. . Lemas . Kadang mencret Kondisi ini berulang terjadi. Sudah sedikit enak tiba2 kambuh. Kemungkinan sakit apa kah Dok..?? Apa yg dapat saya lakukan.??" Terima kasih

24 Aug 2018, 10:44 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Mengatasi Maag melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Berdasarkan keluhan yang Anda sampaikan, salah satu kemungkinanya adalah Anda menderitan penyakit maag. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.pusing dan keringat dingin saat cuaca dingin sendiri bukan merupakan suatu gejala khas dari sakit maag.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Jika dengan perubahan pola hidup masih tetap tidak memberikan hasil, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan dengan tepat.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Mengatasi Maag. Semoga bermanfaat.

24 Aug 2018, 10:44 WIB