Haid Tidak Teratur Setelah Lepas KB Suntik

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Selamat siang dok .. saya mau tanya Saya waktu awal menikah itu ikut kb suntik yg 1 bulan selama 14 bulan , dan sekarang sudah lepas kurang lebih 8 bulan , awalnya mens saya normal sebelum & pas ikut kb , dan setelah lepas kb men saya ga beraturan , sebulan kadang 2× mens ,, itu gimna ya dok ??

24 Aug 2018, 10:44 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Haid Tidak Teratur Setelah Lepas KB Suntik melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda.Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar diketahui penyebab haid tidak teratur anda setelah lepas KB suntik.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Haid Tidak Teratur Setelah Lepas KB Suntik. Semoga bermanfaat.

24 Aug 2018, 10:44 WIB