Leher Kaku

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Sudah 12 hari saya sakit kepala.Awalnya pusing lalu demam. Saya sudah ke dokter lalu diberi obat nyeri dan obat panas. ter akhir dicek tensi saya 120. Beberapa hari kemudian sakit kepala masih terutama di kepala belakang. Kepala saya seperti ditekan tekan terutama saat berpikir dan saat sedih. jugaLeher saya juga kaku dan sakit sampai menjalar ke punggung. Kaki dan tangan saya juga gemetar.Saya bingung dengan kondisi saya ini.menurut dokter pemeriksaan apa yg harus saya lakukan agar bisa mengetahui obat sakit saya inijuga?? Mohon bantuannya dok

26 Agu 2018, 04:41 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menggajukan pertanyaan mengenai leher kaku melalui fitur Tanya Dokter. 

Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami ketahui. Kapan saja sakit/kaku leher Anda rasakan? Apakah ada pemicu tertentu yang menyebabkan Anda merasakan sakit/kaku leher? Adakah tindakan yang telah Anda lakukan atau adakah obat-obat anti nyeri yang telah Anda konsumsi? Jika sudah, bagaimana hasilnya?

Sakit/kaku leher seperti keluhan Anda dapat disebabkan karena kelainan otot, tulang, persendian, persarafan. Untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan juga beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Jika Anda sudah mengunjungi dokter dan sudah diperiksa dan sudah diterapi serta hasilnya baik, maka hal yang perlu diperhatikan adalah posisi tubuh.

Bagaimana posisi tubuh Anda ketika beraktivitas? Bagaimana dengan posisi ketika Anda tidur? Kaku leher dapat disebabkan karena posisi yang kurang baik saat beraktivitas atau pada saat tidur. Bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, aktivitas yang banyak menunduk atau tidur miring dapat menyebabkan kekakuan pada leher.

Anda dapat mencoba melakukan pemijatan ringan pada daerah leher yang kaku untuk relaksasi otot dan juga lebih memperhatikan posisi leher Anda saat beraktivitas dan saat tidur.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai leher kaku, semoga bermanfaat. Salam sehat,

26 Agu 2018, 04:41 WIB