Anak Sulit BAB

Permisi dok saya mau nanya, anak saya berusia 16bulan termasuk anak yg sangat aktif, suka makan buah2an yg mengandung serat, sayuran udah dikasih juga, kebetulan produksi asi saya kurang, jd semenjak 3bulan anak saya diberi sufor, sgala cara udah d lakuon agar aisnya banyak tp teyap saja nihil dok. Anak saya anak yg gak bisa diam sangat aktif suka makan buah sayur juga, tp kenapa ya dok anak saya udah beberapa bulan ini slalu susah buang air besar, jika 3hari gak BAB, pas dia BAB pasti nangis kesakitan dan ukuran fesesnya besar keras bahkan keluar darah yg menempel pada fesesnya, saya khawatir takut anak saya kenapa2, saya sudah konsulkan ke dokter anak, katanya anak saya alergi susu, saya udah coba ganti susu ke susu phpro dan soya tp tetap saja seperti itu, ke dokter 1 saya dikasih resep obat interlac tp tidak beehasil dan ke dokter yg k 2 saya di kasih obat laxoberon untuk anak saya, obatnya emang manjur ketika anak saya dikasih itu pasti esok harinya BAB lancar tp jika tidak dikasih pasti BABnya susah fesesnya keras besar dan ada bercak darah, padahal susu udah saya kurangi takarannya tidak terlalu kental dan tidak sering dikasih juga, makan tidak begitu padat, saya bingung dok anak saya harus gimana? Sgala cara udah dilakukan tp tetap saja, saya ingin anak saya bisa BAB dengan normal layaknya anak seusianya, saya juga gak mw klo anak saya terus2an minum laxoberon karena saya takut anak saya ketergantungan oleh obat itu, apa yg harus saya lakukan dok?? Sebeb smua cara sudah saya lakukan, mohon bantuannya dok 😭😭😭

Lihat Selengkapnya
wanita, 24 Tahun26 Agt 2018, 04:41 WIB

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Dijawab oleh:

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih sudah bertanya seputar anak sulit BAB setelah minum susu formula menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Sulit BAB dapat disebabkan karena konstipasi fungsional (sembelit tanpa gangguan organ), atau dapat juga karena gangguan organik, misalnya kelainan pada saluran cerna. Berikut ini adalah beberapa penyebab anak susah buang air besar:

Kurangnya asupan makanan yang mengandung seratKurangn minum/cairanMengkonsumsi susu formula. Susu formula dapat mempengaruhi frekuensi BAB anak dan dapat memperparah konstipasi karena protein pada susu formula sulit dicerna.Asupan makan kurang. Jika bayi atau anak sulit makan atau makan hanya sedikit, frekuensi BAB juga akan berkurang.

Pastikan kebutuhan cairan (minum) tercukupi, dan beri makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada bayi anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi anda, kami sarankan sebaiknya anda segera membawa bayi anda ke dokter spesialis anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Pertanyaan Seputar Sulit BAB pada Anak

Dijawab oleh:dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

Pertanyaan Seputar Anak Sulit BAB

Dijawab oleh:dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

Pertanyaan Seputar Sulit BAB pada Anak

Dijawab oleh:dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

Pertanyaan Seputar Sulit BAB pada Anak

Dijawab oleh:dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

Pertanyaan Seputar Sulit BAB pada Anak

Dijawab oleh:dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk