Efek Samping KB Suntik 26 Agustus 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Efek Samping KB Suntik

Dok. Saya mau nnya bbrpa minggu lalu saya sudah nanya mengenai kb suntik 3 bulan yg saya pakai bkin gemuk .. dn utk ganti iud sama susuk saya msh takut . Kalau ganti sama kb yg satu bulan apa bikin gemuk juga ?

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun26 Agt 2018, 09:25 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami keluhan yang istri Anda rasakan. Dari informasi yang Anda paparkan sepertinya hal tersebut merupakan efek samping penggunaan KB suntik. Izinkan kami menjelaskan berbagai efek samping dari penggunaan KB suntik.

Efek samping dari penggunaan KB tersebut bermacam-macam seperti meningkatkan berat badan karena nafsu makan yang meningkat, lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu, suntikan harus dilakukan oleh tenaga kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS peningkatan berat badan, rambut rontok, tulang menjadi keropos, kelainan metabolisme lemak, ketidakteraturan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Pada dasarnya baik KB suntik 1 bulan maupun 3 bulan memberikan efek samping yang kurang lebih sama. Untuk mengurangi efek samping dari KB hormonal maka dapat digunakan KB mekanik seperti kondom atau IUD (AKDR). Untuk hal ini, maka Anda dapat mendiskusikannya dengan dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Efek Samping KB Suntik

Dijawab oleh:dr. Alvin Nursalim, SpPD

Efek Samping KB Suntik

Dijawab oleh:dr. Anita Amalia Sari

Menstruasi Tidak Berhenti Setelah Menggunakan KB suntik

Dijawab oleh:dr. Rio Aditya

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat