Operasi Gendang Telinga

Dok..saya mau tanya.saya punya kakak 2 bulan lalu bru saja mlkukan operasi penambalan gendang telinga..setelah kontrol 1 bulan srkali.apakah ada lagi kontrol selanjutnya?

Lihat Selengkapnya
wanita, 24 Tahun26 Agt 2018, 09:57 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar operasi gendang telinga menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gendang telinga atau membran timpani yang berlubang dapat menimbulkan manifestasi gejala seperti suara berdengung, nyeri telinga, cairan yang keluar dari telinga, ataupun gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran yang muncul dapat bersifat sementara, hingga gendang telinga tersebut diperbaiki. Tata laksana pun bergantung pada ukuran lubang atau kebocoran tersebut. Jika lubangnya tidak dapat menutup sendiri, dibutuhkan tindakan bedah atau operasi yang disebut miringoplasti ataupun timpanoplasti, bergantung pada ukuran maupun jenis kerusakannya. Adapun jika tidak ditangani, dapat meningkatkan risiko infeksi akibat mudahnya benda asing maupun bakteri masuk ke dalam telinga, maupun kehilangan fungsi pendengaran.

Kami menyarankan Anda untuk mengikuti saran dokter THT sebelumnya, agar dapat segera diselesaikan sampai tuntas dan gejala yang Anda rasakan tidak berkepanjangan hingga menimbulkan komplikasi. Kalau kontrol boleh ditanyakan kembali kapan harus kontrolnya dokter.

Sementara itu, jagalah organ telinga Anda tetap bersih, hindari menyelam atau olahraga yang mengandung kontak fisik, pergerakan kepala mendadak, dan hindari orang yang menderita batuk pilek untuk menurunkan risiko Anda tertular. 

Demikian informasi seputar operasi gendang telinga yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Penyebab Nyeri di Telinga

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Pertanyaan Seputar Gendang Telinga Tidak Intak

Dijawab oleh:dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk