Menambah Berat Badan 27 Agustus 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Menambah Berat Badan

1. Sulit Gemuk, apakah ini disebabkan oleh : A. Cacingan B. HIV/ AIDS C. Perokok & Cafein D. Semua benar 2. Apakah kurap pada selangkangan berkaitan dengan HIV/ AIDS ?

Lihat Selengkapnya
pria, 24 Tahun27 Agt 2018, 11:07 WIB

dr. Sara Elise Wijono MRes

Dijawab oleh:

dr. Sara Elise Wijono MRes

Terima kasih telah bertanya tentang cara menambah berat badan melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum kami menjawab mengenai cara menaikkan berat badan, perlu diketahui cara menghitung berat badan ideal. Untuk mengetahui berat badan ideal dapat dilakukan dengan dua metode penghitungan yaitu:

1. Metode Konvensional

BBI = (TB-100) - (TB-100) x 10% atau

BBI = (TB-100) x 90%

BBI = berat badan ideal; TB = tinggi badan

Berat badan normal yang dimiliki setiap individu dapat berada pada kisaran plus/minus 10% berat ideal berdasarkan hasil penghitungan tersebut.

2. Berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT)

IMT = (BB) / [(TB) x (TB)]

Misalnya: BB = 75 kg dan TB = 173 cm, maka

IMT = (75) / [(1.73) x (1.73)] = 25.05

Hasil IMT tersebut kemudian dikelompokkan menjadi:

  • IMT < 18.5 = berat badan kurang (underweight)
  • IMT 18.5 - 24 = normal
  • IMT 25 - 29 = kelebihan berat badan (overweight)
  • IMT >30 = obesitas

Metode penghitungan yang umum digunakan adalah berdasarkan IMT. Silakan menghitung IMT Anda berdasarkan rumus tersebut di atas atau klik di fitur Health Tools kami yaitu Kalkulator BMI, setelah itu Anda dapat melihat apakah termasuk dalam kategori berat badan kurang, normal, kelebihan, atau obesitas.

Bila IMT <18,5 maka Anda tergolong underweight atau berat badan kurang. Beberapa hal yang menyebabkan berat badan seseorang sulit bertambah adalah asupan energi yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, metabolisme tubuh yang cepat (biasanya karena faktor keturunan), dan karena kondisi penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau penyakit infeksi seperti tuberkulosis.

Menambah berat badan harus dilakukan dengan cara yang sehat, sehingga tidak hanya sekadar memperoleh pertambahan berat badan saja tetapi juga proporsi dan kondisi tubuh yang sehat.

Berikut beberapa cara sehat untuk menambah berat badan:

* Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Tambahkan 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Yang dimaksud gizi seimbang adalah hidangan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Perkiraan jumlah yang disarankan adalah karbohidrat 50% per hari, protein 20% sehari, dan lemak 30% sehari.

* Tingkatkan asupan protein dan karbohidrat. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. Namun, hindari konsumsi makanan atau minuman yang tinggi kandungan gula nya seperti minuman bersoda, makanan ringan tinggi gula. Makanan dan minuman tersebut memang dapat dengan cepat meningkatkan berat badan, tetapi dapat menimbulkan efek tidak baik bagi tubuh di waktu yang akan datang.

* Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang berguna untuk menaikkan berat badan. Pilih jenis olahragar yang tidak terlalu sulit atau berat, seperti berjalan kaki selama 30 menit secara teratur.

* Perbanyak minum air putih karena dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.

* Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.

* Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut.

Bila Anda telah melakukan cara di atas tetapi belum berhasil meningkatkan berat badan, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemugkinan penyakit lain yang mendasari. Konsultasi dengan dokter spesialis gizi juga dilakukan untuk mengetahui pola makan yang baik untuk meningkatkan berat badan.

Baca juga:

Kurap

HIV

AIDS

Cacingan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menambah berat badan. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Obat HIV/AIDS

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Penularan HIV

Dijawab oleh:dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Gejala HIV

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Cara Minum Obat HIV

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Cara Penularan HIV

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat