Hubungan Intim Kurang Bergairah 28 Agustus 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Hubungan Intim Kurang Bergairah

Dok suami saya mengalami azospermia sudah 14 thn menikah kmi blm punya anak dan akhirnya memutuskan utk adopsi dalam berhubungan seks pun suami saya tdk tahan lama dan kurang bergairah kadang kami berhubungan hya 1x dlm 2bln bahkan lbh. Gmn cara mengatasinya dokter terima kasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 38 Tahun28 Agt 2018, 12:43 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Frekuensi hubungan seksual memang ditentukan oleh masing-masing pasangan. Ada yang cukup puas dengan 1x/minggu atau ada yang puas dengan 1x/bulan atau bahkan ada yang harus 2x/hari agar puas.

Frekuensi hubungan seksual memang umumnya menurun seiring dengan pertambahan usia, namun bukan berarti pasangan yang sudah lama menikah dan sudah berusia separuh baya jarang melakukan hubungan intim. Selama gairah seksual dapat dijaga dengan baik, maka lamanya perkawinan dan usia bukanlah penghalang. Apabila anda merencanakan kehamilan, maka disarankan melakukan hubungan intim sebanyak 2-3x/minggu.

Faktor menurunnya gairah seksual atau libido dapat dibagi menjadi dua, faktor fisik dan faktor psikologi. Faktor fisik adalah pengaruh alkohol, narkoba, sakit diabetes, efek dari obat (terutama obat penenang), hiperprolaktinemia (meningkatnya kadar hormon prolaktin diatas kadar normal) dan kelainan hormon lainnya. Sedangkan faktor psikologis terdiri dari depresi, stres, keletihan, kecemasan, pelecehan seksual atau pemerkosaan pada masa lalu, lesbian, serta masalah yang serius dengan pasangan yang memicu konflik atau kondisi hidup yang sulit (misalnya satu atap dengan mertua).

Namun perlu juga diingat bahwa libido erat kaitannya dengan keharmonisan hubungan Anda dengan pasangan. Jagalah kualitas libido Anda agar permasalahan ini tidak berdampak apapun dalam keutuhan rumah tangga Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Keluar Cairan Dari Vagina Setelah Hubungan Intim

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Nyeri Perut Bawah Saat Berhubungan Intim

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Hamil dari Berhubungan Intim yang Mana?

Dijawab oleh:dr. Atika

Keluar Darah Setelah Berhubungan Intim Ketika Hamil

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Haid Setelah Hubungan Intim, Mungkinkah Hamil?

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat