Kaki Sering Memar

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Ass dok. Dok kenapa di badan saya khusunya sekitar kaki saya sering muncul memar memar hitam dan ketika di pencet sakit dan setelah itu memar itu tidak pernah hilang ....

28 Aug 2018, 12:43 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sayang sekali, Anda belum memberikan informasi yang mencukupi bagi kami. Perlu diketahui: Sejak kapan Anda mengalami keluhan ini? Apakah terasa sakit? Apakah ada riwayat bengkak kemudian menghilang, dan kapan bengkak menghilang?Apakah ada riwayat trauma/terbentur sebelumnya? Apakah ada tergigit binatang/serangga? Seberapa besarkah bengkaknya? Apakah ada luka sebelumnya?

Bercak biru lebam atau memar di kulit tubuh terkadang dapat ditemukan tanpa diketahui penyebabnya. Memar ini bisa jadi merupakan varian normal individu yang pada akhirnya dapat menghilang dengan sendirinya. dalam dunia medis, memar yang timbul tanpa sebab ini lebih dikenal sebagai purpura simpleks yang sebenarnya merupakan penggumpalan darah di jaringan bawah kulit akibat pecahnya dinding pembuluh darah. Memar akibat purpra simpleks dapat terjadi akibat trauma/benturan fisik, stres, kelelahan, alergi, dan terkait faktor usia.

Memar ini umumnya lebih sering ditemukan pada wanita, dengan/tanpa riwayat keluhan serupa pada salah satu anggota keluarga dengan, berlokasi di daerah tungkai atau lengan, tidak nyeri, dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Memar akibat purpura simpleks tidak berbahaya, tidak terkait oleh kondisi medis tertentu, akan menghilang secara spontan, namun dapat timbul kembali, dan terkadang bersamaan dengan siklus menstruasi. Akan tetapi, timbulnya memar pada kulit tubuh sebaiknya tidak dianggap remeh karena juga dapat merupakan suatu pertanda kondisi medis yang lebih serius, seperti kelainan darah hemofilia.

Darah yang keluar dari pembuluh darah yang pecah, dan berkumpul dibawah kulit, normalnya dapat diserap kembali oleh tubuh, namun tentunya memang membutuhkan waktu yang lama. Apabila keluhan berlanjut dan mengganggu aktifitas, harap segera menghubungi dokter Anda untuk tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat

28 Aug 2018, 12:43 WIB