Sering Sakit Perut

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Pagi dok, saya sering mengalami sakit dibagian perut. Apa karena saya telat makan?? suka mual, panas dibagian dada,sesak napas, keringat dingin bahkan muntah dok. Apalagi kalau dibawa kerja berdiri badan saya tidak kuat kadang sering mengalami hal sperti diatas. Kalau sudah mengalami hal diatas saya kadang pusing dan mulut terasa pahit.Napsu makan saya juga turun tidak ingin makan ini itu. Berat badan saya juga turun. Saya kerap sekali setia harinya mengalami rasa perih panas kadang begah dan tidak bisa bersendawa . itu membuat aktivitas saya terganggu. Sebelumnya saya juga pernah berobat kata dokter asam lambung naik. Tapi saya khawatir karena sering mengalami hal yg membuat perut saya tidak enak.

28 Aug 2018, 13:02 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih telah bertanya tentang sakit perut kiri atas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Adakah keluhan lain seperti rasa terbakar atau sering bersendawa yang menyertai sakit perut tersebut? Sakit perut kiri atas biasanya berhubungan dengan gangguan pada lambung, dalam hal ini sakit mag.

Biasanya keluhan sakit, juga disertai rasa mual bahkan muntah atau kembung.

Bagaimana pola makan Anda sehari-hari? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan:

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)Usahakan diet mengandung makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) Coba untuk kelola stres dengan baik, alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat mengganggu.Jika keluhan telah sering dialami, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam, ada baiknya dengan konsultan gastroenterohepatologi (SpPD-KGEH).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sakit perut kiri atas. Semoga bermanfaat.

28 Aug 2018, 13:02 WIB