Perdarahan Setelah Pakai IUD

Info Penanya, wanita 24 Tahun

Saya melahirkan tanggal 17 juni 2018 secara normal dan dengan jahitan luar dan dalam. Darah nifas berhenti 3mingguan tanggal 9 agustus 2018 saya memasang KB IUD dan dari nifas hingga saat itu saya belum haid dan belum pernah berhubungan dengan suami setelah pemasangan iud saya mengeluarkan darah (seperti mens) selama 6hari . Hingga saat tanggal 22 juni saya akan melakukan HB dengan suami kenapa sakit sekali seperti malam pertama dan mengeluarkan darah. Normal kah. Apa mungkin itu darah sisa pemakaian iud atau darah mens

28 Aug 2018, 14:12 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang perdarahan setelah pakai IUD melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Flek atau bercak perdarahan dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah bercak menstruasi, perlukaan, pemakaian IUD, atau karena penyebab lainnya. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan evaluasi pemeriksaan panggul.

Memang, KB IUD memiliki beberapa efek samping, yaitu:

· Perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, saat haid lebih sakit

· Sedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 - 2 hari

· Cairan vagina lebih banyak

· Risiko keputihan lebih besar

Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu. Bila keluhan semakin mengganggu, Ibu/Saudari dapat mengkonsultasikan untuk mengganti jenis KB.

Untuk memastikan lagi kondisi Ibu/Saudari pada saat ini, kami sarankan Ibu/Saudari segera mengunjungi dokter spesialis kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

28 Aug 2018, 14:12 WIB