Mengobati Mata Minus

Assalamu'alaikum dok. Dok, beberapa waktu yang lalu saya memeriksakan mata saya. Hasilnya mata kanan dan kiri min 1/2, silinder 3/4. Apabila saya tidak memakai kaca mata apakah min dan silinder tersebut dapat bertambah dok? Apakah memakai kaca mata sangat dianjurkan? Terima Kasih.

Lihat Selengkapnya
wanita, 18 Tahun28 Agt 2018, 02:12 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang menyembuhkan mata minus melalui fitur Tanya Dokter.

Mata minus dapat dikoreksi dengan menggunakan kaca mata ataupun softlens. Kaca mata dan softlens hanya berfungsi mengkoreksi penglihatan, namun tidak mengurangi minus. Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya Anda juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Sebaiknya selalu gunakan kacatama agar minus tidak bertambah.

Mata minus tidak dapat turun karena faktor usia, namun setelah usia 40 tahun biasanya orang akan mengalami plus (hipermetropia), sehingga pada orang yang mengalami minus mata (miopia), minus akan seperti seolah-olah "menurun". Minus terkadang bisa merupakan faktor keturunan.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK). Sementara ini belum ditemukan cara lain untuk menghilangkan minus mata, termasuk obat herbal yang Anda sampaikan.

Demikian informasi tentang menyembuhkan mata minus ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Pemeriksaan Mata Minus

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Mengatasi Mata Minus dan Silinder

Dijawab oleh:dr. Anita Amalia Sari

Mengurangi Mata Minus dan Silinder

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Resep Kacamata

Dijawab oleh:dr. Andika Widyatama

Seputar Buta Warna

Dijawab oleh:dr. Sara Elise Wijono MRes

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk