Berciuman Dan Berpelukan Bisa Bikin Hamil?

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Dok, apakah berpelukan dan berciuman itu bisa hamil? saya pernah melakukannya, dan sampai saat ini saya belum juga menstruasi dok, itu kenapa ya dok, harusnya menstruasi saya tgl 27 kemarin dok dan sampai sekarang saya blum juga haid kenapa ya dok?

30 Aug 2018, 20:20 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Berciuman Dan Berpelukan Bisa Bikin Hamil melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Yang dikatakan berhubungan seksual adalah ketika terjadi penetrasi penis pria ke dalam vagina wanita (masuknya penis pria ke dalam vagina wanita). Saat penetrasi terjadi dan pria mengeluarkan sperma melalui proses ejakulasi, disaat itulah memungkinkan terjadinya kehamilan. Sperma yang dikeluarkan di dalam vagina wanita akan berenang ke dalam uterus (rahim) dan bertemu dengan ovum. Maka apabila tidak terjadi penetrasi penis ke dalam vagina , sangat tidak mungkin terjadi kehamilan.

Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamaPasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30Malnutrisi (kurang gizi)Stres psikologisAtletKekurangan vitamin KPenggunaan obat-obatan tertentuKelainan pembekuan darahGangguan hormon tiroidDan lain sebagainya

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Berciuman Dan Berpelukan Bisa Bikin Hamil. Semoga bermanfaat.

30 Aug 2018, 20:20 WIB