Kelewat kb suntik

Info Penanya, wanita 26 Tahun

Dok saya sudah 5thn di kb suntik yg 3bln,agustus kmren saya klewat gak kb,sekarang saya baru haid,tpi gk lancar haid nya kecoklatan,hari kmren saya suntik kb lgi yg 1bln,mnurut dokter gimana?

30 Aug 2018, 19:48 WIB
dr. Adeline Jaclyn
dijawab oleh: dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Semua jenis KB hormonal seperti implan, pil dan suntik dapat menimbulkan gangguan haid ketika dilepas. KB hormonal ini mempengaruhi kadar hormon reproduksi yang diproduksi oleh tubuh sendiri sehingga ketika dilepas dapat mengganggu keseimbangannya. Inilah yang membuat siklus haid memendek, memanjang, perdarahan haid sedikit-sedikit/sebentar-sebentar atau memanjang dan banyak. Tiap individu bervariasi, namun ketidakteraturan ini bisa berlangsung selama 3-12 bulan setelah lepas KB.

Kami sarankan agar Anda juga memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dievaluasi apakah memang ini efek samping dari lepas KB saja atau ada hal lain yang mendasari. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

30 Aug 2018, 19:48 WIB