Bayi Sulit Makan

selamat siang dok, saya yuli mau bertanya anak saya usia 6 bulan lebih 2 minggu, bb nya 7,2kg anak saya gak mau makan dan gak mau minum susu, dan tidur pun kurang, tapi anak nya aktif itu kenapa ya? apa yang harus saya lakukan.. mohon di jawab dok terimakasih

Lihat Selengkapnya
wanita, 23 Tahun31 Agt 2018, 03:11 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebenarnya, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan

Untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus. 

Untuk menaikkan berat badan, prinsipnya adalah asupan makanan lebih tinggi daripada energi yang keluar. Karena bayi aktivitasnya masih terbatas, maka sangat penting untuk meningkatkan asupan makanan. Jika anak Anda masih aktif dan baik dalam menyusui maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Penuhi asupan nutrisi dan makanannya lewat konsumsi ASI dan susu yang mencukupi.

Jumlah porsi makan bayi memang sedikit dan tidak bisa dipaksakan diberikan banyak. Yang penting susu juga masih banyak dikonsumsi oleh bayi Anda. Selama berat badan dan tinggi badan bayi Anda masih dalam batas normal maka tidak perlu dikhawatirkan. Berikan juga MPASI yang sesuai agar dapat memenuji kebutuhan gizi anak Anda. Anda bisa mengontrol pertumbuhan bayi Anda dengan rajin ke dokter agar dapat dilihat status gizi dan perkembangan bayi Anda dengan grafik WHO. Cara yang dapat Anda lakukan adalah berikan variasi MPASI untuk anak Anda.

Ingat bahwa pemberian makanan pada bayi merupakan ikatan ibu dengan anak dan merupakan hubungan orangtua dengan anak yang bisa dimulai sejak dini. Jangan sekali-kali memarahi anak atau memaksakan makanan kepada si kecil. Buatlah makan menjadi suasana yang menyenangkan untuk si kecil dan juga untuk bunda. Saat memberikan makanan kepada si kecil ingatlah untuk berikan interaksi positif selama pemberian makanan, berikan pujian kepada si kecil untuk tindakan yang tepat, dan berikan batasan dalam makan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis Anak bagian Tumbuh Kembang jika Anda khawatir dengan ketidakcukupan nutrisi bayi Anda serta penggunaan multivitamin sesuai dengan usia bayi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk