Cara Mengatasi Maag

Info Penanya, pria 20 Tahun

Halo dok, saya wanita berumur 20tahun yang lumayan sibuk dari pagi hingga malam. Saya menderita kelebihan asam lambung atau GERD sudah lama, gejala yang timbul seperti dada panas, sering bersendawa, tenggorakan panas dan serak, lidah/bibir gampang sariawan, dan ketika bangun tidur saya selalu kesulitan bernafas entah rasanya seperti terserang penyakit flu tapi ketika bangun tidur saja. dan saya selalu mengalami muntah2 / morning sickness seperti mengeluarkan dahak dan angin dalam jumlah banyak dari kerongkongan. ini sudah terjadi hampir 6 bulan. saya pernah berobat bermodal bpjs, tapi dokter puskesmas hanya mendiagnosis saya terkena maag ringan dan dikasih obat semacam antasida dan vitamin b saja. kemudian sebulan lalu saya putuskan ke dokter spesialis THT karena memang tenggorokan sakit saya juga terasa pada pendengaran eeknya.. dengan tidak pake bpjs, yang mana mahal banget ya allah dok. mau nangis, mana aja kerja tuh gajinya buat bayar spp kuliah malem saya :( menebus obatnya juga mahal hampir 200ribuan. saya lupa dikasih obat apa aja, yang saya ingat cuma omeprazol dan lumayan membaik walaupun masih mengalami morning sickness. disuruh balik lagi minggu depannya tapi saya missqin dok :( akhirnya saya gabalik.. selang beberapa bulan / sekarang kok makin parah ya:( morning sickness saya makin menjadi, smpe (maaf nih ya) saya sering ngiler dan saat bangun tenggorkan makin sakit dan suara makin serak. kemarin saya ke apotik beli omprazol 20mg berharap keadaan agar membaik. dan saya minum 3x sehari. kira2 apakah ini tepat dok untuk menyembuhkan gejala2 dan penyakit yg saya alami? mengingat dokter spesialis lambung dan THT mahal sekali dan kalau pake bpjs ke puskesmas hanya dikasih antasida saja :((((( mohon pencerahannya dok, karna saya sangat bingung mengingat saya ini pekerja swasta di pagi dan malam nya kuliah. makasih dok, semoga diberi kesehatan selalu dan rezekinya lancar :)

30 Aug 2018, 20:19 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Cara Mengatasi Maag melalui fitur Tanya Dokter

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Bila benar Anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Hati-hati pula dalam mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri atau jamu-jamuan, karena dapat berisiko menimbulkan sakit maag. Bagaimana dengan pola makan, obat- obatan dan kondisi psikis saat ini?

Untuk mengatasi maag yang dapat dilakukan adalah:

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi coklat, keju, kopi atau teh.
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  4. Jangan terlambat makan
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.
  7. Anda dapat mengonsumsi obat antasid 15 menit sebelum makan.

Jadi selain obat, penting juga untuk memperhatikan hal- hal tersebut. Dengan perubahan pola hidup dan juga menghindari stress, berbagai gejala akibat maag diharapkan perlahan dapat berkurang hingga hilang sama sekali.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Cara Mengatasi Maag. Semoga bermanfaat.

30 Aug 2018, 20:19 WIB
Sofiana sofyanSofiana sofyan

Apakah boleh makan tomat, semangka at pi sang?

Sofiana sofyanSofiana sofyan

Apakah boleh makan tomat, semangka at pi sang?

Anik MukardayahAnik Mukardayah

slmt siang dok,saya mau tanya dok anak saya skt maag/asam lambung blg dokter gt tp sdh sktr 1 bln badanx msh lemes klo slsi minum obat badanx berkeringat dingin knp ya dok mhn penjelasanx trima ksh

Tanya Dokter
Cara Mengobati Maag
Tanya Dokter
Sakit ulu hati
Tanya Dokter
Pertanyaan - #258777
Tanya Dokter
Sakit Lambung TIdak Sembuh Walau Sudah Minum Obat
Tanya Dokter
Nyeri Perut Setelah Minum Kopi
Tanya Dokter
Mengatasi Maag
Tanya Dokter
Asam lambung
Tanya Dokter
Sering Meludah, Kenali Penyebabnya
Tanya Dokter
Nyeri Perut Setelah Minum Kopi
Tanya Dokter
Perut Perih, Mual, Muntah