Luka Bernanah Dan Bengkak

Info Penanya, pria 23 Tahun

Selamat pagi, dok. Saya mau tanya dok perihal kondisi kesehatan saya Seminggu yang lalu, jari telunjuk tangan kanan saya terkena kawat saringan wastafel saat mencuci. Maka akibatnya jari telunjuk tangan kanan saya jadi bengkak, memerah dan ada nanahnya. Kemudian, jari tangan kanan saya diobati pakai param (sejenis minyak tradisional), maka hasilnya bengkak pada jari telunjuk tangan kanan saya berkurang dan nanahnya berkurang. Tapi dok, kondisi saya kemudian jadi demam disertai dengan tangan kanan saya kram hingga yang saya rasakan tulang tangan kanan saya dari lengan hingga bahu tangan saya jadi kesemutan dok. Saat ini kondisi demam saya sudah mulai berkurang namun tulang tangan kanan saya dari lengan hingga bahu masih terasa kesemutan (Padahal saya gak ada sakit asam urat, asam urat saya normal). Kira-kira bagaimana ya dok ? terima kasih dok

01 Sep 2018, 10:21 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar luka bernanah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sebelumnya ada beberapa informasi yang kami butuhkan. Apa pemicu luka Anda? Bagaimana karakteristik lukanya: ukuran, warna, nyeri tekan, terdapat nanah atau tidak, dan pinggiran luka, Dimanakah lokasi luka Anda?

Demam sebagai pertanda adanya infeksi dari luka terbuka yang Anda alami. Jika luka tersebut bernanah, maka sudah terjadi infeksi. Sangat disarankan untuk mengonsumsi antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi dan penanganan luka lebih lanjut, tentunya harus sesuai anjuran dokter. Selain itu konsumsilah makanan tinggi protein (putih telur, ikan, dll) dan vitamin C. Perawatan luka juga mempengaruhi proses penyembuhan, jika terdapat nanah/abses, sebaiknya dilakukan insisi untuk mengeluarkan nanah/abses tersebut untuk mempercepat penyembuhan. 

Kami sarankan Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis bedah untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal. Karena idealnya kelainan pada luka terbuka dapat diketahui melalui pemeriksaan langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

01 Sep 2018, 10:21 WIB