KB dan Haid Tidak Teratur

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok mau tanya, saya baru 3bulan melahirkan secara cesar Hari ke60 setlah nifas selesai, saya DiKB dan sekarang keluar darah haid.? Gmna dok, Wajar ap gmna??

01 Sep 2018, 10:36 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah bertanya seputar KB dan Haid Tidak Teratur menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Mohon maaf informasi yang Anda berikan masih kurang jelas. Apakah jenis KB yang Anda Gunakan? Hormonal atau non hormonal? Apakah Anda sudah kontrol kembali dengan dokter yang memasang KB pada saat terakhir pemasangan KB yang Anda gunakan?

Memang pada sebagian orang yang menjalani suntik KB 1 bulan dapat terjadi gangguan haid, namun hal tersebut tidak terjadi pada setiap individu. Jika haid Anda tetap teratur dan langsung haid setelah suntik tidak masalah, Anda tak perlu khawatir, hal tersebut normal. Anda termasuk beruntung bila tidak terjadi gangguan haid saat menggunakan suntik KB.

Namun, bila yang Anda maksud Anda mendapat flek-flek di luar siklus haid maka hal tersebut merupakan salah satu efek samping KB suntik. selain flek perdarahan, kb suntik juga dapat menyebabkan gangguan haid berupa siklus haid memendek atau memanjang. Pada 60% wanita, siklus haid akan kembali normal setelah penggunaan selama 1 tahun.

Bila Anda merasakan efek samping penggunaan KB dan merasa tidak nyaman Anda dapat berdiskusi dengan dokter yang menangani Anda untuk pemilihan KB non hormonal. Terkait kapan waktu yang tepat untuk KB suntik, diperlukan pemeriskaan lebih lanjut penyebab gangguan haid Anda.

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi seputar KB dan Haid Tidak Teratur yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

01 Sep 2018, 10:36 WIB