Efek Samping IUD

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Malam dokter, saya wanita berusia 25 tahun telah menikah dan memiliki anak. Pada pertengahan bulan April 2018 lalu saya memasang KB IUD dua bulan pasca melahirkan. Namun kenapa sampai saat ini saya masih sering mengalami flek coklat terkadang merah dalam jumlah relatif sedikit dan lebih sering keluar pada siang hari? Lalu bagaimana cara saya membedakan apakah itu flek karena datang bulan atau efek dari pemasangan IUD? Mengingat datang bulan saya yang tidak beraturan ketika sebelum hamil. Mohon penjelasannya dok, terimakasih.

02 Sep 2018, 11:26 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter untuk menanyakan efek samping IUD.

Metode kontrasepsi IUD (Spiral) dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Sebaiknya Anda mengunjungi dokter Anda kembali untuk evaluasi keluhan haid Anda. Haid yang sedikit umumnya bukan disebabkan karena IUD.

Demikian, semoga bermanfaat.

02 Sep 2018, 11:26 WIB