Mata Terkena Percikan Minyak

Info Penanya, wanita 19 Tahun

Halo dok, mata saya terkena cipratan minyak panas, sudah dicuci dengan air tapi kelopak mata saya jadi bengkak dan keluar air mata terus, saja pejamkan mata terasa perih seperti ada yg mengganjal, dan di bola mata saya ada titik putih yg membuat pandangan saya terhalang, apakah boleh saya berikan obat mata seperti insto atau visine dok? Terima kasih

02 Sep 2018, 11:26 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terima kasih sudah bertanya mengenai mata terkena percikan minyak panas melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Bila mengalami kondisi terkena percikan panas, benda halus di mata, ataupun zat kimia, pertolongan pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan irigasi mata dengan air mengalir yang bersih setidaknya selama 15 menit. Bila Anda sulit melakukan sendiri, maka sebaiknya Anda mencari pertolongan dari tenaga kesehatan. Namun, bila kondisi masih bertahan dan membuat pandangan buram segeralah mencari pertolongan. 

Bila luka yang Anda maksud adalah bekas luka bakar di kelopak mata, maka yang perlu Anda lakukan adalah menjaga luka untuk tetap bersih dan tidak basah. Luka tersebut mungkin meninggalkan bekas kehitaman (hiperpigmentasi) atau pucat (hipopigmentasi). Hipopigmentasi akibat luka bakar seringkali tidak permanen, namun memang membutuhkan waktu yang lama untuk mengalami re-pigmentasi.

Sulit bagi kami melakukan analisa terhadap kasus Anda karena tidak dilakukan pemeriksaan secara langsung. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Adapun obat yang Anda tanyakan hanya bersifat sebagai pengganti air mata, dan tidak berperan banyak dalam kasus percikan minyak panas.

Demikian informasi mengenai mata terkena percikan minyak panas. Semoga bermanfaat

02 Sep 2018, 11:26 WIB