Menghilangkan Bekas Cacar

Hi dokter saya mengalami penyakit cacar Dan itu Sudah membekas dimuka saya dokter!!! Saya ingin bertanya kepada dokter Bisakah bekas cacar yang dimuka Dan diseluruh Tubuh saya bisa hilang dok?? Beritahu saya dokter obat apa yang ampuh untuk menghilangkan bekas cacar ini?

Lihat Selengkapnya
pria, 14 Tahun02 Sep 2018, 05:22 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Menghilangkan Bekas Cacar.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.Penanganan bekas cacar tergantung dari keparahan kelainan kuliit yang timbulkan, apakah:

Berat seperti berbentuk scar hipertropik (jaringan parut), scar hipotrofik (bopeng)Ringan seperti hiperpigmentasi (noda kehitaman) saja Pada bekas yang ringan, bekas kehitaman dapat memudar dengan pemberian krim hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) pada daerah bekas kehitaman atau menggunakan scrub, untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan meluruhkan sel mati penyebab kulit kering dan atau kusam.

Scrub digolongkan menjadi 2 bagian besar, mengandung butiran dan tidak mengandung butiran. Mengingat proses alami pergantian kulit terjadi selama 14-21 hari, kami sarankan Anda untuk tidak menggunakan produk ini lebih dari satu kali setiap 2 minggu agar lapisan pelindung kulit tidak terkikis.

Bila bekasnya berat, dapat dilakukan terapi laser, kendati angka keberhasilannya sangat bervariasi pada setiap individu.

Bekas kehitaman juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat, dan apabila masih ada tanda-tanda peradangan seperti yang Anda alami biasanya akan ditambahkan krim anti radang yang diresepkan oleh dokter kulit.

Cara lain yang dapat memudarkan atau menghilangkan bekas kehitaman yaitu prosedur chemical peeling dan/atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim malam, chemical peeling, dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB jika sedang menjalani prosedur ini.

Untuk memilih jenis terapi yang terbaik untuk Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Menghilangkan Bekas Cacar. Semoga bermanfaat.

Salam,

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Cacar Air

Dijawab oleh:dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Infeksius cacar air

Dijawab oleh:dr. Adeline Jaclyn

Cacar Air Saat Hamil

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Bolehkah Mandi Saat Terkena Cacar Air?

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Bintik Berair di Kulit

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk