Benjolan di Ketiak

Info Penanya, pria 42 Tahun

Dok, Aq mau tanya ne, tahun 2015 kemarin Aq tdk jadi operasi paru paru krn divonis dokter bocor paru parunya, namun pernah Aq rasakan di bawah ketiak Aq ada sprt balon yg lepas udara dr katupnya, apa efeknya ini dokter. Tolong dijawab ea dokter....trims,

03 Sep 2018, 09:07 WIB
dr. Atika
dijawab oleh: dr. Atika

Terimakasih telah bertanya seputar benjolan ketiak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah maksud Anda terdapat benjolan di ketiak? Apakah yang ANda alami dulu adalah penyakit infeksi tuberkulosis paru, sehingga paru-paru 'bocor'? Bila Ya, maka benjolan dibawah ketiak tersebut kemungkinan adalah limfadenitis tuberkulosis, suatu bentuk infeksi tuberkulosis di kelenjar getah bening. 

Namun benjolan dibawah ketiak juga bisa disebabkan oleh bermacam penyebab lain. Ini bisa disebabkan oleh peradangan folikel rambut ketiak (folikulitis), peradangan kelenjar keringat (hidraadenitis supurativa), atau furunkel/karbunkel (seperti jerawat).

Bila jelas peradangan akibat infeksi, selain nyeri, benjolan juga tampak kemerahan, bengkak, dapat gatal dan nampak ber'mata'.

Kelenjar getah bening yang membesar juga biasanya nampak seperti benjolan yang dapat nyeri, namun umumnya tidak kemerahan, tidak gatal dan tidak ber'mata'.

Jika keluhan tak kunjung membaik, sebaiknya kunjungi dokter kulit untuk memastikan penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat. Kelainan kulit perlu dilihat langsung agar tidak salah diagnosis. Bila infeksi, kemungkinan Anda membutuhkan antibiotik untuk mengobatinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan ketiak. Semoga bermanfaat.

Salam,

03 Sep 2018, 09:07 WIB