Pertanyaan - #261196

Info Penanya, pria 23 Tahun

SELAMAT pagi dok sya mau tnya knp pengobatan tbc sya secara medis gagal trus ,sya mau tanya apakah bisa minum obat herbal yg do buat sendri

02 Sep 2018, 07:02 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya tentang Obat Herbal untuk TBC melalui fitur Tanya Dokter

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru tidak dapat disembuhkan hanya dengan obat herbal karena ada kuman yang harus dibunuh dengan antibiotik. TBC dapat disembuhkan, hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Jika tidak diobati maka penyakit TBC dapat menyebabkan kematian karena dapat mengganggu pernapasan dan infeksi dapat menyebar sampai ke seluruh tubuh. 

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Untuk itu kami menganjurkan agar nenek Anda dapat segera berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter  guna penanganan lebih lanjut. Jika ada efek dari pengobatan tersebut, dapat diberikan obat pendamping yang akan mengurangi keluhan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Obat Herbal untuk TBC. Semoga bermanfaat.

02 Sep 2018, 07:02 WIB