Test Pack Positif Samar

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Slamat siang dok sya mau tanya akhir2 ini sya ga enak badan sakit2an mual pusing lemas trus sya iseng2 tespeck hsil y garis 2 agk smar2 hmpir ga kliatan apakah sya hami apa gak dok soal y sya blum tlat Mens.. Trimaksih..

03 Sep 2018, 23:23 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya seputar hasil testpack menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Pemeriksaan test pack dapat membantu dalam diagnosis kehamilan, namun bukanlah tanda pasti kehamilan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan dua garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. Kemungkinan hamil pada kondisi Anda sangat mungkin.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (samar atau belum terdeteksi), Anda dapat mencoba testpack ulang 1-2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Jika hasil test pack positif, lakukan pemeriksaan USG 2 minggu kemudian.

Bila memang telah positif hamil maka usia kehamilan dapat dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir. Penghitungan lebih akurat usia kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan pemeriksaan USG.

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk memastikan apakah Anda dalam keadaan hamil atau tidak. Hingga terbukti sebaliknya (tidak hamil), maka sebaiknya Anda memperlakukan diri Anda seperti sedianya Ibu yang sudah hamil. Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, kebutuhan nutrisi dan juga istirahat yang cukup. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

03 Sep 2018, 23:23 WIB