Pertanyaan - #261203

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Siang dok, saya mau bertanya, dulu anak saya pernah dirawat karena leukosit nya tinggi hingga mencapai 23000, katanya karena ada infeksi di paru2, nah yg mau saya pertanyakan leukosit tinggi itu leukimia atau karna ada infeksi di paru2 anak saya dok? Terima kasih

02 Sep 2018, 07:03 WIB
dr. Melyarna Putri
dijawab oleh: dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya mengenai leukemia melalui fitur Tanya Dokter

Leukemia atau juga disebut sebagai kanker sel darah putih merupakan kondisi keganasan dimana jumlah sel darah putih bertambah semakin banyak daripada jumlah sel darah merah. Banyak faktor yang diduga berpengaruh dalam perkembangan leukemia, seperti radiasi, bahan kimia, infeksi virus tertentu, hingga faktor genetik.

Leukimia dibagi ke dalam 4 subtipe yaitu :

  • leukemia mielositik kronik
  • leukimia mielositik akut
  • leukemia limfositik kronik
  • leukimia limfositik akut

 

Infeksi dan leukemia memang sama-sama bisa menyebabkan peningkatan leukosit. Namun pada infeksi, apabila infeksinya sudah sembuh, kuman sudah berhasil dilumpuhkan di dalam tubuh, maka jumlah leukosit akan menurun kembali, sedangkan pada leukemia tidak. Leukemia merupakan penyakit keganasan darah sehingga kondisi peningkatan leukosit ini bersifat menetap. Apabila kondisi anak ibu setelah gejala infeksinya sudah berkurang, kemudian leukositnya menurun, maka tidak perlu khawatir, artinya infeksinya sudah berhasil diatasi. 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan mengenai leukemia. Semoga bermanfaat.

Salam,

02 Sep 2018, 07:03 WIB