Perut Terasa Banyak Gas

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Sudah 2 hari saya mengalami perut saya bergemuruh sakit seperti ingin BAB. Saat BAB, saya mengalami diare dikarenakan encer. Saya juga lumayan sering kentut. Sejam bisa 2-3 kali. Apa penyebabnya dan gmn mengatasinya? Untuk mencegahnya juga bagaimana? Terimakasih

04 Sep 2018, 10:21 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan perut banyak angin memgakibatkan perut kembung. Keluhan kembung dapat dipicu oleh beberapa keadaan. Kondisi terperangkapnya gas dalam rongga perut ini dapat diterjemahkan sebagai beberapa keluhan seperti perut terasa penuh, buang gas atau sendawa berlebihan, bahkan beberapa mengeluhkan adanya kesulitan untuk buang air besar.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menjadi faktor pemicu timbulnya keluhan kembung :

1. Karbohidrat

Keluhan kembung biasanya timbul beberapa jam setelah mengkonsumsi karbohidrat, dan dirasakan membaik setelah mengurangi asupan karbohidrat.

2. Konstipasi

Gangguan buang air besar di luar jadwal normal membuat gas pencernaan terperangkap bersamaan dengan kotoran yang terjebak di dalam tubuh. Tingkatkan konsumsi serat Anda dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Hindari penggunaan serat buatan yang dijual di pasaran karena konsumsi serat yang berlebih dapat membuat kembung semakin menjadi. Serat alamiah mampu meningkatkan gerakan kotoran yang terperangkap secara perlahan dan mengurangi produksi gas pencernan.

3. Penyakit Celiac

Suatu kondisi medis yang ditandai dengan kerusakan pada usus halus yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk mencerna nutrisi tertentu. Biasanya perut penderita akan terlihat sangat besar seperti orang hamil tua segera setelah mengkonsumsi gluten, yang ditemukan pada terigu, barley, gandum hitam, dan sejenis gandum lainnya. Selain kembung, keluhan lain yang dirasakan adalah diare dan produksi gas pencernaan yang sangat berbau. Penyakit Celiac yang dapat diteksi dari pemeriksaan darah ini dikenal sebagai suatu penyakit genetik yang umum dan juga sering terjadi pada orang-orang dengan kelainan seperti sindrom Down dan Sindrom Turner,

4. GERD atau dispepsia

GERD atau Gastro-esophageal reflux disease (refluks asam lambung ke kerongkongan) adalah suatu gangguan yang ditandai dengan perut yang mulas, rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut atau tenggorokan, masalah menelan, mual, nyeri dada, kembung, begah/sesak, dan banyak lainnya .Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD termasuk kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya (baca : Keluhan Perut Kembung Hingga Sesak).

5. Lemak Perut yang Berlebih

Bila tubuh Anda tergolong kurus namun sering mengalami gejala kembung tanpa adanya kesulitan buang air besar atau tidak ditemukannya gas dalam perut dalam pemeriksaan fisik oleh Dokter, besar kemungkinan bahwa kadar lemak di perut Anda melebihi standard normal. Beberapa hal yang dapat memicu hal ini adalah merokok dan konsumsi alkohol. Mereka yang memiliki postur tubuh seperti apel memiliki faktor resiko lebih tinggi dibandingkan dengan postur seperti buah pir.

Mengetahui bahwa keluhan kembung dapat dilatarbelakangi oleh beberapa hal dan juga terdapat berbagai keluhan gejala yang terjadi pada Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan mendapatkan tata laksana yang paling sesuai dengan kondisi Anda yang lainnya.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

04 Sep 2018, 10:21 WIB