Nyeri Panggul Usai Hubungan Seksual

Info Penanya, wanita 26 Tahun

Hy dok.... Tanya nih.... Kenapa setelah sya berhub intim dengan suami sya.... Pinggul depan sebelah kanan kok nyeri ya??

04 Sep 2018, 10:21 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri panggul dan kaki setelah berhubungan seksual menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mengatasi keluhan tersebut, perlu diketahui penyebab terlebih dahulu, serta informasi lengkap mengenai keluhan Anda. Kapan pertama kali keluhan ini Anda rasakan? Apakah Anda memiliki riwayat penyakit ginekologi atau operasi sebelumnya? Apakah Anda mengalami keluhan lain seperti demam atau nyeri berkemih?

Penyebab nyeri atau kram panggul dan kaki dapat berasal dari gangguan di organ reproduksi maupun di luar organ reproduksi.

Penyebab yang berhubungan dengan organ reproduksi:

1. Kehamilan diluar kandungan (kehamilan ektopik)2. Endometriosis3. Kista ovarium yang besar atau kista ovarium yang pecah4. Mittleschmerz (nyeri pada pertengahan siklus menstruasi akibat terjadinya ovulasi)5. Penyakit peradangan panggul6. Ovarium yang terpuntir (terlilit)

Penyebab yang tidak berhubungan dengan sistem reproduksi:

1. Apendisitis (usus buntu)2. Sistitis (peradangan kandung kemih)3. Divertikulitis (peradangan atau infeksi pada satu atau beberapa divertikula/kantong abnormal pada usus besar)4. Gastroenteritis5. Ileitis (peradangan usus halus)6. Limfadenitis mesenterika (peradangan kelenjar getah bening pada selaput yang menghubungkan organ dengan dinding perut)7. Kolik renalis (nyeri di punggung, biasanya berhubungan dengan ginjal atau akibat penyumbatan saluran kemih).

Untuk penanganan yang tepat dan optimal, kami menyarankan Anda untuk segera berkonsultasi langsung dengan Dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan agar Anda dapat menjalani wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik maupun penunjang yang membantu menegakkan diagnosis dan pengobatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

04 Sep 2018, 10:21 WIB