Mata Perih Saat Pakai Softlens

Info Penanya, wanita 18 Tahun

permisi dok..mau tanya.. kenapa pada saat saya pkai soflens mata sya pedas dan perih pdahal biasa nya sya pkai nggk pernah perih

04 Sep 2018, 10:19 WIB
dr. Sara Elise Wijono MRes
dijawab oleh: dr. Sara Elise Wijono MRes

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pemakaian softlens dapat mengkondisikan mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata. Kemungkinan kondisi yang Anda alami diakibatkan oleh matanya yang cepat kering (dapat karena lama berada di ruangan ber-AC) sehingga mata menjadi perih dan merah.

Kami sarankan untuk meneteskan cairan pelembab khusus untuk softlens langsung ke mata Anda secara rutin guna mencegah kekeringan pada mata tersebut terjadi. Hindarilah ruang ber-AC terlalu lama dan pakailah kacamata pelindung apabila berjalan di luar ruangan (outdoor). Satu lagi, pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi (50-55%).

Namun, kami ingatkan ini hanya dugaan kami. Perlu disadari kami tidak dapat melakukan pemeriksaan langsung terhadap anda. Untuk mengetahui secara pasti penyebab dari keluhan anda, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter mata.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

04 Sep 2018, 10:19 WIB