Imunisasi DPT Berbeda Merk, Bolehkah?

Info Penanya, wanita 29 Tahun

dokter ,mau tanya anak saya ketika DPT 1 - 3 menggunakan vaksin merk hexaxim ,jika untuk vaksin booster bolehkah pakai vaksin DPT yang biasa ( ada efek demam )

04 Sep 2018, 10:53 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya seputar Imunisasi Pada Anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Memang untuk saat ini terdapat beberapa jenis vaksin DPT yang dapat digunakan, diantaranya adalah:

1. vaksin DPT yang berdiri sendiri :

DPwT, yang sering menimbulkan efek samping panas setelah dilakukan vaksinasiDpaT, yang jarang menimbulkan efek samping panas setelah dilakukan vaksinasi

2. Vaksin DPT yang digabungkan dengan vaksin lain (lebih dikenal dengan nama vaksin combo), yaitu :

DPwT-Hep BDPwT-HibDPwT-IPVDPaT-Hep BDPaT-HibDPaT-IPV-Hib

Imunisasi DPT pada anak-anak diberikan sebanyak lima kali sejak anak berusia 2 bulan hingga 6 tahun. Tiga pemberian pertama pada usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan. Pemberian yang ke-4 adalah pada usia 18-24 bulan dan pemberian yang terakhir pada usia 5 tahun. Dosis yang diberikan yakni satu kali suntikan setiap jadwal imunisasi. Setelahnya, dianjurkan untuk melakukan booster TD (imunisasi ulang Tetanus Difteri) tiap 10 tahun.

Merujuk pada pertanyaan ibu, memberikan vaksin sebaiknya memang jenis dan merknya sama. Vaksin DPT yang di puskesmas terdiri dari tiga jenis vaksin saja, dan untuk polio serta HiB nya memerlukan vaksin terpisah. Sementara untuk hexaxim, satu kali suntik sudah tercakup semuanya. Namun, bila memang tidak memungkinkan, boleh saja diberikan vaksin DPT biasa. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

04 Sep 2018, 10:53 WIB