Sering Gatal

Dok mau nanya nih , anak saya udah sebulan gatal2 udah beberapa kali berobat tapi gak sembuh2 , kalau malam pasti garuk2 kayak gatal banget gitu , menurut saya kayaknya kena tungau , obat yang paling ampuh pake apa ya dok , soalnya seluruh tubuh merah2 semua terus tangannya juga ??

Lihat Selengkapnya
wanita, 23 Tahun04 Sep 2018, 11:25 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terimakasih telah bertanya seputar kulit gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami ingin bertanya terlebih dahulu apakah gatal-gatal yang dialami disertai kelainan kulit yang jelas seperti kemerahan atau muncul bentol seperti biduran, kulit bersisik atau yang lainnya?

Sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang Anda alami karena kami tidak dapat memeriksa langsung dan mewawancara Anda lebih dalam.

Secara umum penyebab gatal di kulit dapat berupa alergi, iritasi, hingga kondisi medis seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan diabetes. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mencari faktor pencetus timbulnya gatal dan menghindari faktor pencetus tersebut. Berbagai hal yang dapat menjadi faktor pencetus adalah cuaca dingin, makanan tertentu, kondisi stress emosional, dsb.

Pada kasus Anda, jelas pemicunya ada di dalam rumah. Pemicu yang ada di dalam rumah bisa terkait dengan adanya tungau debu rumah maupun serangga lainnya, atau bulu binatang peliharaan. Bisa juga berasal dari pemicu lain yang tidak lazim (dan tentunya perlu digali lebih lanjut).

Bila gatal muncul lebih sering dengan intesitas yang lebih berat dan gejala sangat mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang ahli alergi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kulit gatal. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bersin Setiap Pagi

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Gatal di Selangkangan

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Asma Sering Kambuh

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Gatal dan Bintik Berair di Tangan

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

Biduran Pada Anak

Dijawab oleh:dr. Atika

1 KOMENTAR

Avatar
Ayu Ayu
2 Tahun Lalu

dok saya ay mau nanya..ini saya gatal tk kunjung sembuh tapi kenapa gatalnya hanya di area paha..kulit saya di area paha mnjadi n memerah..gatal sekali diarea itu kalau disentuh tangan terasa nyeri.obatnya apa ya dok??saya uda periksa kemana aja.tapi setiap obatnya habis kambuh lagi gatalnya

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk