Mata Masuk Debu

Info Penanya, pria 33 Tahun

Salam Damai Dok... Saya adalah driver ojol. Beberapa hari yang lalu, bagian mata kanan saya kemasukan debu. Entah itu butiran pasir atau apa saya tidak begitu paham. Yang jelas selama 2 hari ini, saya merasakan ada yang mengganjal di mata kanan saya. Awalnya terasa di bagian atas mata. Setelah saya sering 'rambang' dengan air, Pagi ini saya justru yang terasa mengganjal dibagian bawah. Setelah saya lihat menggunakan cermin, saya lihat ada titik putih seperti pasir di bagian bawah pupil. Saya coba dengan 'rambang' lagi, sambil berkedip², tapi tidak bisa hilang. Dan itu sangat mengganggu ketika berkedip. Adakah pengobatan untuk hal seperti ini. Terima kasih atas jawabannya.

04 Sep 2018, 11:25 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang anda rasakan akibat benda asing yang masuk kedalam mata.

Segala benda asing yang masuk ke dalam mata perlu diketahui letaknya apakah superfisial atau lebih dalam. Pertolongan pertama pada benda asing di mata adalah dengan membilasnya dengan air hangat yang bersih.

Mengusap dengan tangan, mengucek mata, menggunakan cotton buds atau alat bantu lainnya untuk menyingkirkan benda asing pada mata sangat tidak dianjurkan. Hal inilah yang kami curigai membuat mata anda menjadi bengkak .

Jika benda asing tidak lagi terlihat dan tidak ada rasa mengganjal pada mata, maka kemungkinan benda asing tsb telah keluar bersama kotoran mata, tanpa anda sadari.

Jika benda asing tersebut tidak hilang atau terdapat rasa mengganjal pada mata juga sebaiknya mengunjungi dokter untuk pemeriksaan dan penanganan yang lebih lanjut, perlu diketahui apakah letaknya superfisial atau sudah lebih dalam. Mungkin diperlukan bantuan alat untuk mengangkat benda asing tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan.

Salam,

04 Sep 2018, 11:25 WIB